Selasa, 20 Juni 2023

Mengenal Instrumen Kendaraan

Lampu Indikator adalah bahasa yang digunakan mobil untuk berkomunikasi dengan pengemudinya. Melalui Indikator yang berupa berbagai lambang yang terletak pada panel instrumen dashboard mobil, pengemudi mendapatkan petunjuk atau berbagai informasi penting seputar kondisi mobil pada saat itu. Berikut beberapa lampu indikator beserta penjelasannya yang diambil dari situs www.astracreditcompanies.com.


  1. Indikator ini merupakan peringatan untuk menggunakan sabuk pengaman. Umumnya indikator ini akan terus menyala, berkedip, atau berbunyi selama sabuk pengaman tidak digunakan. Saat Anda siap untuk berkendara, sebaiknya segera gunakan sabuk pengaman demi keselamatan Anda dan juga untuk menghindari tilang.
  2. Indikator ini menandakan bahwa lampu jauh (high beam) sedang digunakan. Jika tidak dibutuhkan, segera matikan karena lampu ini menyilaukan dan 9 mengganggu penglihatan pengendara lain dan dapat menyebabkan kecelakaan.
  3. Indikator ini menunjukan bahwa pintu mobil masih dalam keadaan terbuka (tidak benar-benar tertutup). Pada beberapa kendaraan terdapat indikator yang lebih spesifik, misalnya pintu depan, belakang, kiri, atau kanan.
  4. Jika menyala, indikator ini menandakan bahwa persediaan bensin di tangki mobil Anda menipis. Segeralah melakukan pengisian di SPBU terdekat.
  5. Indikator ini menandakan bahwa ada masalah dengan sistem airbag. Karena airbag terhubung dengan banyak sensor dan komputer, lakukanlah perbaikan di bengkel resmi.
  6. Saat Anda menggunakan rem parkir (parking brake), maka indikator ini akan menyala. Anda diingatkan untuk melepasnya sebelum menjalankan mobil.
  7. Indikator ini menandakan bahwa ada masalah dengan rem. Karena sistem pengereman merupakan salah satu bagian yang vital, segera periksakan masalah tersebut untuk mencegah terjadinya musibah.  
  8. Jika mobil Anda dilengkapi sistem pengereman ABS dan lampu indikator tersebut menyala, hal ini mengindikasikan masalah pada sistem ABS. Meskipun sistem ABS bermasalah, rem akan tetap bekerja (dengan cara konvensional), namun membiarkannya berlarut dapat membuat biaya perbaikan membengkak.
  9. Saat indikator ini menyala, bukan berarti ada masalah pada aki (accu) mobil, tetapi pada sistem kelistrikan mobil, seperti masalah kinerja alternator, regulator, dan kabel-kabel penghubung yang tidak optimal.
  10. Indikator ini menandakan suhu mesin atau radiator yang terlalu tinggi. Ada juga yang memiliki dua warna, yaitu hijau (keadaan suhu normal) dan merah (keadaan suhu tinggi/over heat). Jika indikator ini menyala pada saat berkendara, segeralah menepi 
  11. Jika indikator ini menyala, hal ini menandakan bahwa tekanan oli rendah (volume oli berkurang). Ini adalah masalah serius dan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kegagalan fungsi pompa oli dan sebagainya.
  12. Indikator ini menandakan bahwa ada komponen dari mesin yang tidak berfungsi dengan baik. Komponen tersebut dapat berupa sensor atau komponen lain yang mendukung kerja mesin secara keseluruhan. 
  13. Tachometer /RPM merupakan suatu indikator yang fungsinya mengetahui putaran mesin per menit.
  14. Apabila kendaraan berjalan maju maka alat ini yang disebut speedometer akan menunjukan kecepatan kendaraan dalam km/jam.
  15. Pedal gas berfungsi untuk mempercepat atau memperlambat putaran mesin.
  16. Pedal rem berfungsi memperlambat atau memberhentikan putaran roda-roda.
  17. Pedal kopling berfungsi Untuk memutuskan dan menghubungkan putaran mesin ke roda penggeraknya 

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel