Selasa, 20 Juni 2023

Cara Mengatur Posisi Tempat Duduk Sebelum Mengendarai Mobil

Ketika pertama sekali anda memasuki mobil pastikan bahwa rem tangan benar-benar digunakan dan tuas gigi persneling dalam keadaan netral.


Kontrol dasar terdiri dari kontrol di bawah ini: Doors (pintu), Seat (kursi), Steering (kemudi), Seatbelt  (sabuk pengaman), Mirrors (kaca spion). Itu semua bisa digunakan dengan singkatan D.S.S.S.M

Beberapa instruktur mengemudi menggunakan urutan yang berbeda. Instruktur mengemudi anda akan mengajar anda dengan urutan kontrol dasar yang mereka pilih.

Doors (Pintu) 
Semua pintu harus tertutup. Jika anda melihat kekaca spion, anda harus dapat melihat jika semua sisi pintu sama rata dengan sisi mobil. Seluruh bagian pintu harus benar-benar tertutup sebelum memulai perjalanan. 
Selalu berhati-hati ketika membuka pintu anda dan ingat memegang pegangan pada gagang ketika membuka sebuah pintu mobil. 
Ketika anda berada di dalam mobil anda harus selalu memeriksa keamanan sebelum membuka pintu ingat untuk memeriksa titik buta (blindspots).

Seat (Tempat Duduk)


Banyak tempat duduk mobil dibuat dalam 4 bentuk. Depan dan belakang, atas dan bawah, sudut belakang dan kendali depan dapat dibentuk atas dan bawah (kadang-kadang depan dan belakang).

Pertama sekali periksa penyesuaian tempat duduk anda dengan menekan penuh pedal kopling ke lantai dengan menggunakan kaki kiri anda, lutut kiri anda harus sedikit bengkok dan tidak perlu merebahkan badan.

Steering Wheel (Roda Kemudi) 


Tempatkan kedua tangan anda di atas roda kemudi. Siku anda harus sedikit bengkok, jika tidak lanjutkan untuk menyetel tempat duduk.

Ketika tempat duduk anda sudah benar-benar sesuai, anda harus bisa menjalankan tangan anda dari atas ke bawah roda kemudi dengan pelan-pelan. Anda harus bisa mendorong penuh kopling kelantai dan melepaskanya pelan-pelan tanpa ada masalah. Pastikan anda bisa melihat dengan jelas keluar roda kemudi dan ke jalan di depan. Beberapa mobil mengijinkan anda untuk mengatur sudut roda kemudi, ini bisa menolong dalam mendapatkan posisi menyetir yang bagus dan memaksimalkan jarak penglihatan. 
Sandaran kepala harus bisa menutup bagian kepala dari belakang (tetapi tidak menyentuh) dan bagian yang kakunya harus kiri-kira sejajar dengan kuping.

Seatbelt (Sabuk Pengaman) 


Cara yang paling mudah untuk mengambil sabuk pengaman yaitu menggunakan tangan kiri dan menarik sampai bahu kanan sekali klik dan langsung terkunci. Sabuk pengaman seharusnya berada berlawanan dengan anda tanpa bergulung, periksa dengan baik saat menggunakannya dan pastikan selalu menempel dibadan, kamu harus bisa condong kedepan dan sabuk akan memanjang mengikutinya. Ketika anda melepas sabuk, kemungkinan sabuk akan kembali kelantai semula dengan cepat dan anda harus memegang sabuk agar kembali dengan pelan.


Pengemudi bertanggung jawab untuk memastikan bahwa mereka dan penumpang dibawah 14 tahun memakai sabuk pengaman ketika mobil sedang berjalan. Penumpang kerusia 14 tahun atau lebih bertanggung jawab atas diri mereka sendiri. Klik disini untuk menonton videonya

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel