Tips Saat Mengemudi Agar Tetap Nyaman Selama Perjalanan

DrivingKesabaran dalam berkendara serta dalam berlalu lintas merupakan hal yang paling utama saat mengemudikan mobil maupun kendaraan lain.

Kesabaran dalam menunggu lampu merah berganti hijau, sabar untuk mengantri jika lampu lalu lintas sedang tidak aktif, kesabaran agar tidak mendahului kendaraan lain jika keadaan memang tidak memungkinkan, serta sabar dalam mematuhi peraturan lalu lintas, sebenarnya justru memberikan dampak yang positif bagi kita.

Disiplin dalam berlalu lintas serta menggunakan jalan raya sebagai fasilitas umum juga harus dilakukan agar perjalanan menjadi lebih aman, nyaman serta lancar. Karena, jalan raya merupakan milik semua orang sehingga semua orang seharusnya sadar akan hak serta kewajibannya sebagai pemakai jalan.

Kali ini kami akan memberikan beberapa tips saat mengemudi agar tetap nyaman selama perjalanan di jalanan, baik itu di jalan raya maupun jalan-jalan kecil.

  • Memeriksa keadaan ban secara teratur

Lakukan pemeriksaan secara berkala pada keadaan ban mobil sebelum anda mengendarai mobil. Jaga tekanan ban dalam posisi stabil. Selain itu, periksa juga kedalaman motif atau kembangan ban. Ban yang sudah gundul atau motifnya sudah hilang dapat membuat mobil menjadi slip saat mengendarai mobil dalam keadaan hujan.

  • Pandangan tetap fokus

Pengemudi diharuskan untuk dselalu melihat jauh ke depan selama dalam mengemudi mobil. Jangan memaksakan diri untuk terus mengemdi jika anda mulai merasa mengantuk.

  • Waspada keadaan di sekitar

Selain menjaga pandangan tetap ke depan, pengemudi juga diharuskan untuk selalu melihat spion untuk melihat keadaan di sekitarnya.

  • Pikiran tetap fokus

Berbagai gadget seperti GPS, CD player memang sudah mulai banyak ditemukan di mobil-mobil keluaran terbaru. Namun terkadang benda-benda seperti itu bisa membuat pikiran kita menjadi tidak fokus sehingga terkadang dapat menimbulkan bahaya kecelakaan.

  • Duduk dengan baik dan benar

safe_driving

Baik pengemudi serta bagi para penumpang di dalam mobil diharuskan untuk selalu duduk dengan benar selama berada di dalam mobil. Yakinkan agar selalu menggunakan sabuk pengaman dengan benar. Memang, banyak sekali kasus kecelakaan karena kelalaian dalam memakai sabuk pengaman. Sesuai dengan namanya, sabuk pengaman memang digunakan sebagai pemangan untuk menghindari terjadinya cedera yang fatal.

  • Menjaga kondisi kesehatan

Mengemudi membutuhkan konsentrasi, penglihatan serta pendengaran yang baik. Selain itu mengemudi juga dituntut untuk tetap berhati-hati serta responsif. Jangan mengemudikan mobil jika anda baru saja minum minuman beralkohol maupun minum obat baik resep dokter maupun obat biasa. Terkadang obat-obatan dapat menyebabkan kantuk serta mempengaruhi pikiran maupun emosi.

  • Jaga jarak aman

Menjaga jarak mobil kita dengan kendaraan lain seperti mobil maupun motor serta pejalan kaki juga harus diterapkan demi keselamatan kita bersama. Dengan menjaga jarak kendaraan kita dengan kendaraan lain akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

  • Tetap berhati-hati

Perhatikan kecepatan mobil anda. Mengendarai mobil dalam kecepatan rendah akan memberi waktu bagi anda untuk bereaksi pada situasi yang tak terduga. Sehingga anda dapat terhindar dari bahaya yang fatal.

  • Memperhatikan kondisi cuaca

Tips Aman Mengemudi Saat Hujan

Cuaca panas, hujan maupun berkabut akan memberikan tantangan yang berbeda-beda saat kita mengendarai mobil. Saat hujan, jalanan akan terasa lebih licin serta pandangan menjadi lebih sempit. Di saat panas keadaan justru menjadi silau. Maka dari itu, sebaiknya anda harus lebih berhati-hati saat mengemudi mobil.

  • Tetap berhati-hati saat mengemudi di malam hari

Mengemudi pada malam hari, memang terkadang tidak seramai keadaan jalanan di siang hari. Namun ketika malam hari, pandangan mata menjadi lebih sempit karena kita hanya dibantu oleh lampu. Jadi ada baiknya untuk tetap berhati-hati, meskipun keadaan jalanan tidak terlalu ramai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA