Tips Aman Mengemudi Saat Puasa

mengemudi di jalan raya

mengemudi di jalan raya

Tanpa terasa kita sudah bertemu dengan lagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Ketika bulan puasa Ramadhan telah tiba, para umat Islam diwajibkan untuk berpuasa.

Namun, ketika anda sedang menunaikan ibadah puasa seperti sekarang ini dan anda dihadapkan dengan jadwal pekerjaan yang padat seperti ke kantor, ke sekolah, maupun ketempat-tempat yang lumayan jauh.

Dan tidak jarang pula anda akan dihadapkan dengan situasi yang ruwet di jalanan, seperti macet. Hal-hal seperti ini terkadang membuat kita jadi terpancing emosi.

Berikut ini adalah beberapa tips mengemudi saat kita sedang berpuasa:

  • Makan Sahur

Saat anda makan sahur, makanlah secukupnya saja dan tambahkan suplemen atau multivitamin untuk menjaga kesehatan dan stamina sampai waktu berbuka puasa. Selain itu anda juga perlu memperhatikan waktu untuk istirahat. Waktu untuk tidur yang baik adalah selama 8 jam dalam sehari. Sebaiknya kurangi aktivitas yang tidak perlu untuk menjaga stamina.

  • Menyadari Batasan Diri

Setaip pengemudi haruslah menyadari akan batasan kemampuan dirinya. Apabila memang sudah merasakan lelah maupun ngantuk saat mengemudi, maka pastikan untuk mencari tempat yang aman untuk melepas lelah. Anda bisa juga melakukan senam kecil untuk meregangkan otot-otot serta untuk melancarkan sirkulasi darah. Hiruplah oksigen sebanyak mungkin saat anda beristirahat. Apabila anda telah merasa agak lebih baik, anda bisa melanjutkan lagi perjalanan anda.

  • Mengobrol

Usahakan untuk selalu bersama teman saat anda sedang mengemudi. Mengobrol selama dalam perjalanan akan membuat anda tidak merasa bosan dan mengantuk. Jika tidak ada teman, anda bisa mendengarkan musik lewat radio, maupun memutar lagu-lagu kesukaan anda.

  • Mengatur Jadwal

Aturlah jadwal serta rute perjalanan yang biasa anda tempuh saat bepergian kemanapun. Carilah rute yang yang dekatsehingga dapat menghemat sebagain waktu dan tenaga anda serta dapat menghindari anda dari kemacetan. Selain itu, tetaplah mengemudikan kendaraan anda dengan kecepatan yang aman, sesuai dengan petunjuk kecepatan yang dianjurkan di jalan.

  • Jaga Emosi

Tetap fokus dan menjaga emosi ketika anda sedang mengemudi dan melihat pengemudi lain yang tiba-tiba saja mendahului, menyerobot maupun berbelok seenaknya . Anggap saja mereka itu adalah orang-prang yang tidak mengetahui peraturan lalu lintas dan tidak tahu tentang etika.

Dengan cara memaklumi orang-orang yang bertingkah seenaknya di jalanan, maka emosi anda tidak akan terpancing dengan cepat. Jika banyak orang yang berperilaku seperti itu, sebaiknya anda menghindari rute tersebut atau cukup dengan menjaga jarak kendaraan anda.

  • Mengingat Kondisi Mobil

Untuk Menjaga agar anda tidak terpancing emosi, anda bisa mencoba langkah yang satu ini. Dengan mengingat-ingat apa yang harus anda lakukan pada mobil anda. Apa yang belum di lakukan? Apakah olinya sudah diganti? Apakah air radiator sudah diperiksa? Apakah kabel-kabel listrik yang ada di dalam mobil sudah aman? Selain itu, pastikan juga untuk mengecek  tekanan angin pada bagian roda serta tidak lupa untuk selalu mengisi bahan bakar mobil.

Maksud dari cara diatas adalah sebagai upaya antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan daan anda sedang mengemudi di jalan. karena, jika tiba-tiba mesin terlalu panas atau overheat, mobil tiba-tiba mogok, ban tiba-tiba kempes di tengah perjalananm tentu akan sangat merepotkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA