Sistem Kelistrikan Pada Mobil

used-car-lotSistem kelistrikan pada mobil yang bekas umumnya akan mengalami penurunan dalam kinerja kelistrikan dalam mobil itu sendiri.

Hal seperti ini disebabkan karena ada beberapa komponen sumber listrik yang umur hidupnya sudah habis seperti aki, alternator maupun kabel-kabel dalam mobil yang sudah tidak sempurna lagi.

Tanda-tanda sebuah mobil yang mengalami masalah pada sistem kelistrikan adalah tidak stabilnya berbagai komponen ketika mobil dioperasikan, seperti nyala lampu yang berbeda saat pedal gas diinjak daripada saat pedal gas dilepas, semburan udara yang lebih kencang pada AC ketika kita menginjak pedal gas maupun wiper menjadi lemah meskipun mesin mobil berada pada putaran rendah.

Hal-hal seperti diatas merupakan tanda-tanda mobil yang mengalami masalah pada sistim kelistrikannya.  Artinya suplay listrik pada berbagai komponen mobil seperti lampu, ac, lampu sinyal untuk belok maupun wiper menjadi tidak dapat bekerja dengan sempurna.

Bila mobil anda mengalami masalah dalam sistim kelistrikannya, ada beberapa hal yang perlu anda periksa serta anda perbaiki, seperti:

  • Aki

aki mobilAki mobil yang telah kehilangan masa pakainya maupun karena suatu hal yang lain menyebabkan aki tidak dapat lagi bekerja secara sempurna. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan kurangnya kemampuan dalam menyuplai listrik pada berbagai komponen mobil yang membutuhkan listrik seperti wiper, lampu, ac. Aki yang kondisinya sudah tidak sempurna akan mengakibatkan lampu tidak dapat menyala dengan terang serta harus di gas besar agar lampu bisa menyala dengan terang. Aki mobil umumnya memiliki umur hidup sekitar 2 hingga 4 tahun. Bila sudah lewat dari itu, maka sudah sebaiknya aki segera diganti.

Untuk menjaga kualitas aki tetap dalam kondisi prima sebaiknya jagalah listrik yang keluar maupun listrik yang masuk ke aki. Listrik yang keluar adalah listrik pada kabel serta listrik masuk dari alternator. Selain itu selalu menjaga kualitas air aki. Jangan sampai kering semam akan merusak sel dalam aki. Aki mobil yang baik memiliki voltase antara 12 hingga 13 volt. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan voltmeter. Jika dibawah 12 volt, maka lampu akan menjadi redup serta komponen lainnya tidak berfungsi secara optimal.

  • Alternator

Alternator berfungsi untuk menyuplai listrik ke dalam aki serta mengisi kembali aki. Alternator yang tidak sempurna akan menyebabkan aki menjadi kekurangan suplai listrik. Hal seperti ini adahal salah satu penyebab yang membuat aki harus di strum ulang. Cara untuk melihat alternator dalam kondisi baik atau tidak, yaitu melihat indikator dengan lambang aki pada dasboard mobil. Jika indikator aki menyala maka alternator tidak dapat bekerja dengan baik atau terjadi masalah pada alternator.

Cara yang lain adalah dengan menempelkan lampu LED ke konetor lighter. Bila lampu LED berwarna merah berarti alternator dalam kondisi kurang baik, bila LED berwarna biru maka anternator dalam kondisi baik.

Cara pengukuran alternator yang akurat adalah dengan voltmeter. Pertama, hidupkan mesin kemudian nyalakan seluruh komponen dalam mobil yang membutuhkan listrik seperti headlamp, ac, wiper, audio kemudian ukur voltase pada aki. Bila menunjukkan angka 12,5 hingga 13 berarti alternator mobil dalam kondisi baik, bila dibawah 12 berarti ada yang tidak beres pada alternator.

Daya alternator umumnya berkisar antara 60 hingga 70 ampere, bila mobil anda memakai aksesoris tambahan seperti lampu kabut, ac double blower, audio maupun komponen lain yang seharusnya tidak ada pada maobil anda, maka gunakanlah alternator yang memiliki daya yang lebih besar dari sebelumnya. Misalnya diganti dengan alternator yang memiliki daya 90 ampere. Hal seperti ini akan membantu aki dalam memasok listrik yang lebih besar untuk suplai listrik aksesoris tambahan tadi.

  • Kabel Negatif

Umumnya pada mobil bekas yang sudah diatas 7 tahun, memiliki body mobil yang sudah tidak seperti baru karena kehilangan daya hantar listrik akibat dari adanya reaksi kimiawi dengan oksigen dan air, misalnya karat atau debu yang mengerak. Solusi yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan grounding kit untuk menambah kabel negatif yang lebih merata pada seluruh bagian body mobil.

  • Relay Kit

relay kitRelay kit pada mobil berfungsi untuk mendapatkan listrik yang kualitasnya lebih bagus pada komponen tertentu yang sangat membutuhkan listrik berkualitas bagus misalnya pada sistem audio atau lampu halogen untuk mobil touring. Selain itu pemasangan relaykit juga biasa dilakukan pada mobil modifikasi. Pemasangan relay kit membutuhkan keahlian yang khusus agar tidak terjadi arus pendek atau korsleting serta relay kit dapat berfungsi secara optimal.

  • Kebocoran Pada Listrik Mobil

Mobil bekas seringkali mengalami permasalahan seperti kebocoran pada listrik mobil. Hal seperti ini akan sangat merugikan bagi para pemilik mobil. Sebab, kebocoran listrik seperti ini akan menyedot listrik dari aki secara terus menerus walaupun mobil dalam keadaan mati. Jika mobil tidak dipanasi selama 3 hingga 5 hari saja, maka mobil anda tidak dapat distarter lagi serta harus menyetrum aki ke bengkel aki yang pasti dangat menyita waktu kita.

Untuk kasus kebocoran seperti ini, anda harus ke bengkel untuk mengetahui bagian mana yang mengalami kebocoran. gejala atau tanda-tanda terjadinya kebocoran adalah aki menjadi lebih cepat habis.

  • Sambungan kabel

Bila anda melakukan penyambungan kabel listrik pada mobil, maka sebaiknya hindari cara menyambung, Jadi lebih baik anda mengganti kabel yang sudah rusak dengan kabel yang baru. Dengan cara menggantikan kabel yang rusak dengan kabel yang baru, maka selain menggantikan daya hantar listrik yang lebih bagus juga menjauhkan dari kemungkinan kebocoran maupun korsleting. Bila memang terpaksa untuk menyambung, maka lakukan dengan baik yaitu dengan cara menggunakan komponen sambungan atau jika tidak ada, anda bisa menyolder kabel serta menutupnya dengan isolasi kabel atau lakban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA