Perawatan Pada Mobil Pribadi Yang Mudah Dilakukan

mesin mobilSebaiknya anda melakukan perawatan pada mobil anda setiap hari. Sebab kondisi kendaraan yang selalu dalam keadaan prima dapat memperpanjang umur pemakaian mobil, membantu kondisinya tetap stabil dalam segala medan serta tidak cepat mengalami kerusakan.

Mobil yang kurang terawat merupakan salah satu faktor yang seringkali menyebabkan terjadinya kecelakaan selain dari faktor kelalaian si pengemudi itu sendiri.

Sebaiknya periksalah keadaan mobil anda secara rutin sebelum anda melakukan perjalanan. terlebih lagi bila anda melakukan perjalanan yang jauh. Kondisi mobil harus layak untuk digunakan dalam melakukan perjalanan yang jauh.

Periksalah keadaan mesin, roda serta lampu pada mobil anda secara rutin. Sebab, ketiga hal tersebut merupakan bagian yang sangat penting untuk sebuah mobil.

Anda bisa merawat mobil anda sendiri, tanpa harus memasukkan mobil anda ke bengkel. Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar mobil anda selalu dapal kondisi prima.

  • Memeriksa strater pada mobil anda.

Jika mobil anda tiba-tiba tidak bisa distarter, umumnya hal seperti itu disebabkan oleh kurangnya suplay bahan bakar maupun udara pada sistem karburator. Bisa jadi hal seperti ini disebabkan karena saringan karburator anda kotor. Periksalah bagian saringan karburator. Lalu cabut lister atau saringannya dan kemudian bersihkan dengan kuas maupun dengan menggunakan sikat gigi.

Jangan dunakan alat pemanas, seperti hair dryer maupun sejenisnya. Karena cara seperti ini bisa membuat saringan udara dalam karburator anda akan mengalami kerusakan. Jika anda sudah membersihkannya dengan baik  namun mobil masih belum bisa distarter, maka sebaiknya anda bawa mobil anda ke bengkel yang terdekat.

  • Memeriksa oli

lubrication1Oli merupakan bagian yang penting sekali bagi mobil anda. Biasakan untuk selalu mengganti oli mobil setipa anda telah menempuh perjalanan setiap 3000 sampai 500 mil. Umumnya, mesin akan mengeluarkan suara yang aneh bila anda lupa untuk mengganti oli mesin. Saat anda mengganti oli mesin anda dengan yang baru, pastikan bahwa anda juga sudah membersihkan bagian filter oli. Jika filter oli anda masih kotor, maka oli yang bersih akan terhambat oleh kotoran-kotoran yang masih melekat pada bagian filternya.

Oli berguna untuk mengurangi terjadinya gesekan pada bagian dalam mesin mobil anda. Jika tidak ada oli, maka bagian-bagian dalam mesin tersebut akan cepat aus dan nantinya akan menjadi rusak. Oli akan membuat mesin menjadi lebih awet. Sebuah mobil memerlukan oli yang kekentalannya harus sesuai dengan anjuran. Dengan adanya pembakaran dalam mesin mobil anda saat anda menjalankan mobil anda, maka kekentalan oli akan berubah. Nanti, dalam waktu-waktu tertentu kekentalan oli dalam mesin mobil anda tidak sesuai lagi dengan yang dibutuhkan oleh mesin mobil anda. Maka dari itu, sebaiknya ganti oli mesin anda dengan yang baru secara rutin sesuai dengan jarak tempuh mobil anda.

  • Memeriksa radiator

Radiator berfungsi untuk menjaga temperatur dalam mesin tetap dingin. Jadi, radiator berfungsi agar temperatur dalam mesin mobil anda tidak over heat atau cepat panas. Dengan cara memeriksa radiator secara rutin, termasuk memeriksa adanya kebocoran, pengurasan serta mengganti air radiator, maka performa radiator akan selalu dalam keadaan yang baik. Sehingga radiator dapat menjalankan tugasnya untuk mendinginkan mesin mobil anda tetap terjaga. Sebaiknya kuras serta ganti air radiator yang lama dengan yang baru setiap anda telah menjalani jarak tempuh setiap 10.000 km.

  • Memeriksa keadaan timing belt

Timing belt merupakan alat seperti sabuk yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi atau gear yang terhubung dengan bagian dalam mesin mobil. Timing belt yang mengalami kerusakan akan disertai dengan adanya suara seperti berdengung ketika anda menjalankan mobil anda.

timing belt

timing belt

Jika kerusakan pada timing belt dibiarkan secara terus menerus makan akan menyebabkan putus pada timing belt. Bila timing belt terputus secara tiba-tiba maka akan menyebabkan bagian tertentu dalam mesin mobil anda mengalami kerusakan yang sangat fatal. Selain itu, kebutuhan kelistrikan pada bagian akumulator juga tidak mampu bekerja secara maksimal.

  • Rutin di tune up

Rutin melakukan tune up di bengkel akan membuat mobil anda akan tetap awet dan prima. Karena dalam proses tune up, semua bagian yang vital yang berhubungan dengan mesin, meliputi busi, filter bahan bakar serta oli akan diperiksa secara menyeluruh.

  • Tariklah gas dengan kuat sesekali

Gas yang ditarik dengan kuat saat mobil anda melaju akan membuat semua kotoran dan kerak pada bagian ruang pembakaran akan menjadi berkurang. Sebaik lakukan hal seperti ini sesekali saja. Jangan terlalu sering, dan pastikan bahwa kondisi jalanan memang memungkinkan.

Selain hal-hal seperti diatas, yang perlu diperhatikan juga adalah sistim kelistrikan pada mobil anda. Apakah mobil anda termasuk mobil konvensional atau mobil modern yang biasanya telah menggunakan CDI atau penh peralatan elektronik

Jika mobil anda menggunakan sistem serba elektronik, sebaiknya jangan membetulkan kerusakan pada mobil secara manual. Sebab hal seperti ini membutuhkan seorang ahli mekanik yang benar-benar handal serta peralatan yang memang hanya dimiliki oleh bengkel-bengkel mobil yang handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA