Peraturan Lalu Lintas Baru (1)

rambu rambu lalin

Sejak bulan januari 2010 berlaku UU Lalu Lintas baru yang menggantikan UU sebelumnya, yaitu UU Nomor 14 Tahun 1992.

Mengenai sanksi, UU Lalu Lintas yang baru mempunyai sanksi yang lebih berat bila dibandingkan dengan sanksi UU Lalu Lintas yang sebelumnya.

Kurangnya sosialisasi membuat masyarakat banyak yang belum mengetahui tentang peraturan lalu lintas yang baru ini. Nah, daripada anda harus kena tilang dan harus keluar uang banyak hanya karena belum mengetahui peraturan lalu lintas yang baru, lebih baik anda menyempatkan diri untuk membaca dan mempelajari peraturan lalu lintas baru untuk kendaraan roda empat.

Toh itu juga demi keselamatan anda sendiri.

 

rambu larangan lalu lintas 2

 

Berikut ini adalah peraturan UU Lalu Lintas yang baru, diantaranya :

• Berkendara harus mempunyai SIM

Pasal 281 menyatakan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak memiliki SIM, akan dipidana dengan pidana kurungan empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta.

 

Pelanggaran atas peraturan ini tidak akan diberikan toleransi dan biaya denda tilang jauh lebih besar daripada pelanggaran UU Lalu Lintas yang sebelumnya, dimana pelanggaran sebelumnya pada kasus yang sama hanya dikenakan denda tilang sebesar Rp20.000,-.

• Konsentrasi dalam Berkendara

Pasal 283 UU Lalu Lintas berbunyi, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi, dipidana dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan kurungan atau denda paling banyak Rp 750.000,-.

 

rambu larangan lalu lintas 3

• Perlengkapan kendaraan harus lengkap

Bila anda mempunyai kendaraan roda empat, pastikan kendaraan anda mempunyai perlengkapan yang lengkap.

Dalam UU lalu Lintas yang baru, UU no. 22 tahun 2009 dalam pasal 57 Ayat (3) menyatakan bahwa, perlengkapan sekurang-kurangnya adalah sabuk keselamatan, ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, helm, dan rompi pemantul cahaya bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tak memiliki rumah-rumah dan perlengkapan P3K.

Bila ada pelanggaran dalam UU Lalu lintas ini, maka pengendara akan dikenakan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,- seperti diatur dalam Pasal 278.

 

rambu larangan lalu lintas 4

• Perhatikan Pejalan Kaki dan Pesepeda

Pasal 106 Ayat (2) menyatakan bahwa para pengendara, baik roda dua maupun roda empat atau lebih, harus mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda.

Bagi mereka yang tidak mengindahkan aturan Pasal 106 Ayat (2) ini akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,-.

 rambu lalu lintas 2

*karena peraturan lalu lintas yang baru cukup panjang maka kami akan membagi posting menjadi 3 seri atau 3 bagian.

One thought on “Peraturan Lalu Lintas Baru (1)

  1. Igor

    Kebetulan di daerah saya ada pubreahan Nomor RT sehingga berbeda dengan SIM dan Rekening Rumah saya.Sedangkan untuk rekening alamat harus sama dengan KTP dengan pengajuan Accent.Kira kira diterima gak?Kalo digantikan dengan alamat di rekening bank bisa gak?January 3, 2008 at 10:08 am

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA