Penyebab Utama Aki Mobil Mati

aki mobilAki mobil merupakan suatu alat yang sangat dibutuhkan sebagai sumber dari energi listrik untuk menjalankan semua perangkat elektronik lain pada sebuah mobil.

Suatu hal yang tidak menyenangkan bila suatu saat mobil anda tidak bisa di starter atau mungkin beberapa komponen atau bagian lain yang membutuhkan listrik tidak dapat berfungsi dengan baik hanya karena adanya suatu masalah pada aki.

Bila aki mobil anda mati, maka yang harus anda lakukan adalah mengisi ulang tegangan listrik ke aki mobil anda.

Ada berbagai macam cara untuk mengisi ulang tegangan listrik pada aki anda, meliputi cara pengisian dengan metode “jump start” maupun menghubungkan aki anda dengan aki mobil yang lainnya.

Selain dua cara tersebut anda juga bisa mengisi ulang aki anda dengan menggunakan charger portable yang bisa anda beli di toko-toko perlengkapan mobil.

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan aki mobil mati atau kehabisan tenaga listriknya, yaitu:

  • Terlalu sering mengemudi dalam jarak yang tidak jauh

Terlalu sering mengemudikan mobil dalam jarak yang tidak jauh atau kurang dari 20 menit dapat berdampak buruk pada alternator. Karena, alternator tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mengisi ulang listrik ke dalam aki sampai penuh kembali. Efek dari hal seperti ini akan cenderung membuat energi listrik yang ada di dalam aki terkuras sehingga akan mempersingkat usia atau umur pemakaian dari aki tersebut.

  • Suhu yang terlalu ekstrem

images (2)Energi kimia yang terdapat pada aki nantinya akan dirubah menjadi energi listrik melalui berbagai reaksi kimia. SUhu yang terlalu ekstrem, entah itu terlalu panas atau terlalu dingin akan dapat berpengaruh pada kelancaran reaksi kimia pada aki anda. Di dalam suhu dibawah titik beku akan menyebabkan aki mobil mati sehingga perlu untuk diisi ulang kembali, sedangkan pada suhu yang terlalu panas akan dapat membuah cairan didalam aki cepat habis dan mengering yang nantinya juga akan membuat aki anda mati.

  • Komponen pada mobil yang membutuhkan listrik

Fungsi dari aki adalah untuk mendukung sistem kelistrikan mobil. Selain dipakai untuk menstrater mobil, aki juga berfungsi sebagai penyuplai listrik untuk berbagai komponen yang membutuhkan listrik pada mobil, seperti lampu, klakson, whiper, ac maupun audio. Selain itu, aki juga untuk mengisi ulang baterei ponsel maupun perangkat elektronik yang lainnya.

Berbagai perangkat atau komponen yang membutuhkan listrik tersebut dapat menyebabkan aki mobil bekerja secara terus menerus sehingga dapat menyebabkan air aki cepat habis dan menjadi kering. Selain itu energi listrik pada aki mobil juga bisa terkuras saat anda lupa melupakan lampu kabin maupun tidak menutup pintu dengan benar.

  • Karat pada aki
aki mobil yang berkarat

aki mobil yang berkarat

Karat atau korosi merupakan musuh yang nomor satu pada aki mobil. Aki mobil yang berkarat akan membuat kerja kelistrikan menjadi menurun secara drastis.  Anda dapta merawatnya dengan menggunakan semprotan khusus untuk membersihkan aki mobil.

  • Umur pemakaian

Aki mobil normalnya dapat mencapai 5 sampai 6 tahun lamanya bila selalu dirawat dengan baik dengan cara membersihkan bagian terminalnya dengan alat khusus. Aki mobil yang sudah melewati masa atau umur pemakaian seharusnya segera diganti dengan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA