Merawat Mobil Matic

mobil matic

mobil matic

Seperti yang kita ketahui bersama, mobil terbagi menjadi dua jenis transmisi, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis atau yang lebih dikenal mobil matic.

Mengendarai mobil matic di jalanan di kota-kota besar yang selalu diwarnai dengan kemacetan dimana-mana, memang lebih memberikan kenyamanan jika dibandingkan dengan mengendarai mobil manual.

Ada yang mengatakan bahwa mobil matic biaya perawatannya lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil manual.

Perawatan yang lebih mahal terkadang merupakan sebagai akibat dari kesalahan si pengendara sendiri yang jarang atau bahkan tidak mau merawat mobilnya dengan baik secara rutin.

Jika si pengendara mau merawat mobil matic nya dengan baik, seperti mengganti oli mesin secara teratur maka biaya perawatannya tidak kalah murah dibandingkan dengan mobil manual.

Dibawah ini adalah langkah mudah dan juga murah dalam merawat mobil matic.

  • Selalu mengisi ulang oli transmisi

Car-Automatic-TransmissionMobil matic menggunakan cairan oli transmisi untuk mendukung pergerakan mobil. Biasakan untuk mengisi ulang oli transmisi jika mulai terlihat berkurang. Jika oli transmisi berkurang dan tidak segera ditambah akan merusak transmisi mobil matic sehingga anda akan mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki mobil matic.

  • Ganti oli mesin secara rutin

Dengan cara mengganti oli mesin secara rutin, juga dapat membantu mengurangi beban kerja mesin mobil kita. Tidak perlu menggunakan oli mesin yang mahal, yang penting memenusi standar. Biasakan untuk mengganti oli mesin setelah pemakaian mobil sejauh 5000 sampai 10.000 km. Namun itu tergantung dari jenis olinya. Selain itu, cara mengemudi si pengendara mobil juga ikut berpengaruh pada kerja oli di dalam mesin mobilnya.

  • Memeriksa wiper

Wiper memang biasa dipakai pada saat musim penghujan saja. Namun pada saat musim kemarau, wiper juga berfungsi untuk membersihkan debu pada bagian kaca depan. Sebaiknya, gantilah wiper sebelum musim penghujan datang serta selalu menambahkan sabun sedikit saja pada tabung wiper agar kotoran maupun debu yang menempel pada kaca mobil lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu, cara seperti ini juga akan membuat karet wiper menjadi lebih awet dan kaca depan mobil anda terhindar dari goresan

  • Merawat aki

Merawat aki mobil matic sebenarnya sama saja dengan merawat aki mobil manual. Selalu mengontrol air aki setidaknya seminggu sekali. Mulai air aki mulai berkurang sebaiknya isi kembali air aki untuk menghasilkan listrik yang semparna. Aki yang selalu diisiĀ  airnya secara rutin akan membuat aki menjadi lebih tahan lama. Selain itu perhatikan juga katup aki serta bersihkan dengan cara disikat untuk menghilangkan kerak pada bagian katup aki.

  • Cuci mobil

Cuci mobil tidak harus dilakukan setiap hari. Mencuci mobil setiap hari justru akan merusak dan membuat car mobil menjadi cepat memudar. Sesekali poleslah mobil anda di bengkel yang menyediakan jasa poles kaca serta bodi agar mobil anda selalu tampak bersih. Selain itu, kaca yang sering dipoles akan membuat pandangan kita menjadi lebih jelas di malam hari.

  • Memeriksa ban

Selalu memeriksa tekanan angin pada ban mobil anda. Isi ban anda sesuai dengan standar yang tertera dibagian sisi ban mobil anda. Bila anda menggunakan ban tubless, setelah baru sehari mengisi angin ban anda, lalu pada esok harinya ban terlihat kempes, sebaiknya segera periksa ban anda. Bisa jadi bocor karena mungkin ada paku yang tertancap pada ban mobil anda.

  • Cek radiator

Selalu mengisi air radiator pada mobil anda. Cukup diisi dengan air biasa. Proses penguapan air biasa justru yang terbaik.

  • Cek minyak rem

Anda juga harus memeriksa keadaan minyak rem sebulan sekali. Selain itu jangan lupa untuk selalu menyiapakan 1 kaleng minyak rem di rumah.

  • Membersihkan bagian dalam ruang mesin.

iStock_girland mechanicXSmallBersihkan bagian dalam ruang mesin mobil anda secara teratur. Hal ini untuk menghindari banyaknya kotoran yang menempel pada bagian ruang mesin. Selain itu periksalan kondisi timing belt. Jika sudah mulai tampak pecah-pecah pada bagian permukaan timing belt, sebaiknya ganti dengan yang baru. Bila timing belt anda sampai putus, mobil anda akan rusak parah dan biaya yang keluar semakin mahal.

  • Oli gardan dan perseneling

Mengganti oli gardan dan perseneling setiap 5 atau 6 bulan sekali, akan membuat akselerasi mobil anda terasa lebih ringan selain itu juga lebih irit bahan bakar.

  • Servis berkala.

Servis mobil anda secara berkala setiap 10.000 sampai 20.000 km sekali. Servis mobil anda di bengkel yang resmi.Bengkel resmi memang biayanya mahal namun lebih tahu tentang semua penyakit yang dialami oleh mobil anda. Terutama untuk mobil baru dan mobil mewah yang sudah dilengkapi dengan sistem komputer pada bagian klep mesin mobil anda. Selain itu, gunakan busi yang sesuai dengan kebutuhan agar mendapatkan proses pengapian yang lebih sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA