Merawat Kaca Spion Mobil

Rear view mirrorKaca spion memiliki fungsi yang penting sekali bagi seorang pengendara yaitu untuk melihat keadaan jalanan maupun lalu lintas yang ada di belakang mobil maupun saat melakukan pergerakan untuk memarkir mobil serta untuk melihat keadaan di belakang mobil ketika akan membelok atau berpindah jalur lalu lintas.

Begitu juga saat musim hujan, kaca spion merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam mengurangi angka kecelakaan pada pengemudi kendaraan bermotor.

Semua kendaraan bermotor menggunakan beberapa kaca spion sekaligus yang bertujuan untuk memperluas pandangan serta mengurangi titik buta pada pengemudi, seperti:

  • Bus dan mobil

Spion diletakkan di dalam pada bagian atas dashboad serta bagian kiri dan kanan pintu atau fender.

  • Truk

Biasanya spion diletakkan di atas jendela kiri dan kanan dengan kaca spion majemuk.

  • Sepeda motor

Spion dipasang pada bagian stang di kiri dan kanan.

Salah satu upaya untuk mengurangi silau pada malam hari, umumnya digunakan spion dengan bahan cermin prismatik yang mampu meredam silau dari lampu utama kendaraan yang ada di belakang kendaraan kita.

Spion pada mobil dapat digerakkan secara manual serta ada juga spion yang dapat digerakkan secara elektronik atau electronic dimming.

Rear-view_mirrorPada musim penghujan, kaca spion berfungsi untuk mempertegas titik pandang pengemudi pada kendaraan yang berada disampingnya maupun dibelakangnya. Dan pada musim hujan, ada baiknya bagi pengemudi untuk lebih sering melihat kaca spion setiap 5 sampai 8 detik.

Karena kaca spion mobil sangat penting sekali artinya bagi kita, maka kita perlu merawat kaca spion dengan baik. Terlebih lagi pada saat musim penghujan, kaca spion akan menjadi cepat sekali buram karena pengaruh dari air hujan.

Dibawah ini adalah beberapa cara untuk merawat kaca spion, meliputi:

  • Air hujan mengandung asam. Jika kaca spion bagian luar mobil terkena air hujan, maka akan menimbulkan flek berwarna putih seperti garis dan kaca spion menjadi buram. Cara yang paling baik adalah bersihkan kaca spion sesegera mungkin dengan menggunakan vinegar yang dicampur dengan air dengan ukuran 2 banding 1. Vinegar juga mengandung asam, namun aman untuk kaca spion.
  • Pada saat musim juhan terkadang ada sisa-sisa lumpur dari cipratan air yang sangat mengganggu pandangan pada kaca spion mobil bagian luar. Segera bersihkan cipratan lumpur pada kaca spion dengan air yang dicampur dengan sabum atau shampo khusus mobil. Basahi kaca spion dengan air campuran sabun tadi lalu diamkan sesaat. Kemudian siram dengan air bersih sampai sisa lumpur tadi terangkat dari kaca spion.
  • Terkadang sisa air hujan yang masuk ke dalam bagian penampang kaca spion dapat menimbulkan karat yang nantinya mampu merusak kaca spion serta membuat pergerakan kaca spion menjadi tidak lancar. Buka spion lalu bersihkan dengan menggunakan kuas. Bila masih kurang bersih, anda bisa menggunakan kertas gosok halus lalu gosok sampai bersih. Setelah bersih dari karat, lap dengan menggunakan lap halus. Kemudian pasang kembali spion elektriknya.
  • Selalu menyiapkan kanebo. Bila mobil terkena air hujan, langsung bersihkan dengan menggunakan kanebo.
  • Parkirlah mobil anda di tempat yang aman sehingga terhindar dari percikan air hujan.
  • Sebaiknya selalu memeriksa letak serta arah spion yang sesuai dengan sudut pandang anda. Sesuaikan posisinya dengan kenyamanan anda saat melihat kaca spion.
  • Saat anda memarkir mobil anda ditempat yang sempit, sebaiknya lipatlah kaca spion anda untuk mencegah terjadinya benturan dengan kendaraan lainnya.
  • Bila anda menggunakan spion elektrik, beri sedikit pada bagian motornya agar pergerakan spion menjadi lebih lancarĀ  dan bersihkan kabel penghubung anatara motor dengan bagian elektriknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA