Merawat Aki Mobil Sendiri

aki mobil

aki mobil

Sebagian orang menganggap bahwa merawat aki mobil merupakan suatu pekerjaan yang bisa dibilang sulit. Namun, dengan adanya panduan dari kami, maka anda akan dapat melakukan perawatan aki mobil sendiri dengan maksud untuk memperpanjang usia pakai aki dan juga untuk mencegah hal-hal yang tidak anda inginkan.

Hal-hal yang tidak diinginkan biasanya adalah ketika parkir setrum aki habis secara tiba-tiba, tiba-tiba mobil tidak dapat di stater dan lain sebagainya.

Yang anda perlukan hanyalah persiapan yang baik serta perawatan sederhana saja yang dilakukan secara rutin sehingga anda tidak perlu lagi merasa kesulitan dengan hal-hal yang tidak anda inginkan.

Dibawah ini adalah beberapa cara untuk merawat aki mobil sendiri:

  • Mengganti aki pada waktunya

Hal seperti ini sangat penting sekali serta tidak boleh anda anggap sepele. Aki mobil biasanya dapat bertahan sampai 4 tahun lamanya. Gantilah aki yang lama dengan yang baru bila memang sudah waktunya untuk ganti baru. Akan lebih baik lagi jika anda mengganti aki mobil dengan ukuran yang sama, dengan maksud untuk mempermudah pemasangan aki baru dengan ukuran dudukan aki yang sesuai sehingga anda tidak perlu lagi merubah dudukan aki. Selain itu, ukuran aki yang lebih tinggi juga cukup rawan karena nantinya terminal air akan bersentuhan secara langsung dengan kap mesin saat ditutup  sehingga akan merusak aki itu sendiri.

  • Mengecek beban aki setiap bulan

Caranya cukup bawa mobil anda ke bengkel untuk melakukan pengecekan beban. Pengecekan bertujuan untuk memeriksa apakah aki mobil masih dapat menghasilkan daya listrik yang sesuai dengan spesifikasinya atau tidak. Aki yang kekurangan daya akan berpengaruh pada sistem kelistrikan pada mobil secara keseluruhan.

  • Merawat cadangan setrum pada aki

Jika aki tekor, maka anda akan sangat kerepotan sekali. Anda perlu tenaga seseorang untuk mendorong mobil anda  karena mobil tidak dapat di starter secara langsung. Karena itulah anda perlu untuk memperhatikan cadangan setrum pada aki. Ada cara yang paling mudah untuk menjaga cadangan setrum pada mobil yaitu dengan cara mematikan semua kelistrikan seperti AC, audio serta lampu sebelum mematikan mesin mobil anda.

  • Menjaga kebersihan aki

Menjaga kebersihan pada bagian permukaan aki atau kleman aki baik pada terminal positif maupun negatif. Jika pada bagian kleman terdapat kerak yang berwarna kehijauan, debu maupun sisa pembakaran pada terminal aki. Cara untuk membersihkannya adalah dengan bantuan air panas atau menggunakan campuran air dengan baking soda lalu disikat dengan menggunakan sikat kawat. Setelah membersihan bagian permukaan aki, kencangkan baut kleman aki secukupnya. Umumnya baut kleman aki masih bisa dikencangkan lagi setengah putaran.

  • Memastikan kabel aki masih terikat

Memastikan kabel-kabel pada aki masih terhubung ke terminal serta tetap dalam keadaan terikat kuat. Kabel-kabel yang kendur akan memutuskan hubungan listrik dari aki mobil sehingga beberapa komponen dalam mobil tidak mendapatkan pasokan listrik secara sempurna.

  • Posisikan aki tepat pada dudukannya

Pastikan agar posisi aki benar-benar tepat berada pada tempat dudukan aki. Posisi aki yang tidak tepat pada dudukannya dapat merusak aki itu sendiri serta nantinya akan merembet pada komponen mobil yang lain.Bila posisi aki berada di belakang kipas radiator, anda bisa menggunakan penutup aki agar panas yang dihasilkan dari kipas radiator tidak mengarah secara langsung ke aki mobil anda.

  • Selalu memeriksa cairan elektrolit
mengisi aki mobil

mengisi aki mobil

Selalu menjaga ketinggian permukaan elektrolit aki atau air aki pada level yang cukup. Bila ketinggian permukaan elektrolit aki mendekati low atau rendah, maka sudah waktunya untuk menambah air pada aki mobil. Penyebab dari berkurangnya cairan elektrolit aki umumnya karena adanya penguapan yang disebabkan oleh panas atau karena adanya kerusakan pada sell aki mobil. Lakukan pemeriksaan seperti ini paling tidak sekali dalam dua minggu. Untuk pengisian cairan elektrolit aki sebaiknya dilakukan saat pagi hari ketika mesin mobil masih dalam keadaan dingin.

  • Hati-hati ketika mengisi air aki

Ketika level cairan elektrolit aki mulai mendekati low, anda perlu menambahkan air aki. Selain itu anda juga harus hati-hati pada saat melakukan pengisian air aki. Asam dari aki bisa membakar pakaian serta sangat berbahaya bagi kulit.

  • Hindari menyetrum aki secara berlebihan

Ketika menyetrum aki yang sudah mati, pastikan agar tidak menyetrum aki terlalu lama. Menyetrum aki terlalu lama dapat merusak berbagai komponen yang ada di dalam aki mobil.

  • Rutin memanaskan mesin mobil

Mobil yang jarang sekali dipakai cenderung berpotensi memperpendek umur aki mobil itu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya mobil dipanaskan secara rutin setiap pagi atau bila anda harus meninggalkan mobil anda dalam waktu lama sebaiknya lepaslah terminal aki agar setrum aki tidak mengalir secara terus menerus sehingga menyebabkan tekor.

  • Tidak merokok

Ketika anda melakukan pengecekan aki mobil, pastikan bahwa anda tidak sedang merokok atau ada nyala api sekitar anda. Aki mobil mengandung berbagai bahan kimia yang sangat mudah sekali terbakar.

  • Perhatikan cara memasang yang benar

Jika anda membuka aku, pastikan untuk membuka kutub negatif terlebih dahulu kemudian disusul dengan membuka kutub positif. Dan ketika anda memasang kembali, pasanglah kutub positif terlebih dahulu kemudian disusul dengan memasang kutub negatif. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi korsleting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA