Merawat AC Mobil

ac mobilAC atau Air Conditioner merupakan sebuah alat yang banyak ditemukan pada mobil. Mobil modern yang berbentuk kecil seperti jenis citycar juga sudah dilengkapi dengan AC yang bagus dan handal. Padahal, pada tahun-tahun sebelumnya, mobil-mobil yang berukuran kecil paling tidak 1000cc menjadi kurang handal ketika dipasangi piranti AC. Namun sekarang kemajuan teknologi telah mampu membuat AC yang handal untuk mobil ukuran kecil.

AC juga banyak digunakan pada mobil-mobil penumpang yang sangat membutuhkan kenyamanan. Selain untuk mendinginkan ruangan, AC juga memberikan dampak yang piositif juga, terutama terhadap faktor aerodinamika atau aliran udara pada bagian permukaan body mobil. Hal seperti ini lebih disebabkan karena pintu dan jendela harus dalam keadaan tertutup ketika AC mobil dihidupkan.

AC pertama kali digunakan sekitar tahun 1940an. Dan sejak saat itu, AC mengalami banyak perubahan karena adanya perkembangan teknologi yang saemakin maju. Meskipun konsep dasarnya sama, namun perkembangan teknologi ikut mewarnai perkembangan AC.

Komponen utama dalam AC mobil, meliputi:

  • Kompresor

Setiap AC selalu memiliki kompresor. Kompresor berfungsi untuk mengompres atau merubah gas dingin yang biasanya disebut freon. n terkompresi, gas tersebut menjadi panas dan dialirkan melalui koil ke kondensor. Tugas dari kompresor adalah menaikkan tekanan uap refrijeran agar lebih mudah berkondensasi dalam kompresor. Selain itu kegunaan kompresor adalah untuk menjaga evaporator agar tetap rendah. Komprwsor digerak dengan tenaga motor melalui sabuk serta kompling dari magnet.

  • Kondensor

Kondensor merupakan tempat dimana panas akan dipisahkan dari gas sehingga udara yag panas keluar dari kondensor. Sisa gas yang lain akan didinginkan akan dikondensasikan menjadi cairan dingin. Kondensor berfungsi untuk mendinginkan uap refrijeran menjadi embun. Umumnya kondensor dipasang pada bagian depan radiator agar mendapat pendinginan dari kipas radiator.

  • Evaporator.

Evaporator merupakan bagian AC dimana refrijeran menguap serta mengambil panas dari udara yang mengalir. Komponen ini merupakan bagian akhir yang dilalui AC sebelum angin dingin dapat anda rasakan di dalam mobil. Setelah cairan melewati klep-klep ekspansi, kipas akan mendorong angin dingin dari evaporator ke seluruh bagian mobil.

  • Akumulator

Akumulator berfungsi untuk menyimpan refijeran cair sampai saat yang diperlukan. di dalam akumulator terdapat saringan yang berguna untuk menyaring kotoran serta bahan [engering untuk menyerap uap air yang masuk. Mobil sendiri juga memiliki akumulator yang berfungsi untuk memastikan bahwa hanya cairan pendingin saja yang bisa amsuk ke klep-klep ekspansi.

  • Katup ekspansi

Mobil juga memiliki katup ekspansi atau lazimnya disebut pipa orifice. Alat ini mengatur aliran cairan ke evaporator. Alat ini juga yang dikendalikan saat anda mengatur setting temperatur suhu yang letaknya pada bagian dashboard. Katup ekspansi fungsinya sebagai alat pengatur refrijeran di dalam sistem serta memisahkan bagian bertekanan tinggi dengan bagian yang bertekanan rendah. Katup ekspansi letaknya pada bagian sisi dalam evaporator.

AC-Mobil

Cara memeriksa keadaan AC, meliputi:

  • Hidupkan motor serta AC mobil selama beberapa menit. Lalu periksalah cairan pendingin melalui kaca di bagian atas tabung. Jika ada gelembung-gelembung udara di dalam cairan pendingin, berarti cairan pendingin volumenya mulai berkurang. Bila tidak ada gelembung udara, kemungkinan jumlah cairan pendingin sudah cukup atau bisa jadi malah kosong.
  • Rasakan suhu pada pipa saluran masuk dan pipa saluran keluar dengan menggunakan tangan pada bagian kompresor. Bila suhunya sama berarti cairan pendingin dalam keadaan kosong. Bila suhunya berbeda, maka jumlah cairan pendingin sudah cukup.
  • Matikan AC mobil anda. Periksa kaca tabung, bila tetap jernih maka hal seperti menunjukkan bahwa cairan pendingin volumenya terlalu banyak. Jika muncul buih-buih dan terlihat pada kaca tabung maka volume cairan pendinginnya sudah cukup.
  • Pastikan saluran pipa AC serta sambungan-sambungannya dari kemungkinan adanya kebocoran, kerusakan, kotoran, terpuntir atau lain sebagainya.
  • Hidupkan kembali motor dan AC mobil. Bila makin lama dinginnya makin berkurang maka ada kemungkinan bahwa evaporator tidak dapat bekerja dengan optimal.
  • Jika selama AC dihidupkan kompresor mengeluarkan suara yang keras dan kasar maka bisa jadi hal seperti ini disebabkan karena kompresor tidak dapat bekerja secara optimal.
  • Bersihkan seluruh bagian AC dari kotoran, seperti karat, debu, dan lain sebagainya.
  • Rawatlah seluruh bagian komponen AC secara berkala secuai dengan petunjuk perawatan.

SIG-ac6

Cara untuk merawat AC mobil, meliputi:

  • Bacalah buku panduan pengunaan mobil. Umumnya dalam buku tersebut terdapat beberapan panduan yang harus dipatuhi dalam merawat AC mobil. Di buku manual tersebut umumnya juga dicantumkan berapa umur standar dari bagian-bagian AC mobil, seperti kompresor, evaporator, selang dan lain sebagainya. Disitu anda akan disarankan untuk mengganti komponen tersebut setiap beberapa periode, agar AC mobil selalu dapat bekerja dengan baik.
  • Servis AC sebanyak sekali saja tapi rutin setiap tahun dibengkel AC. Sabuk penggerak kompresor merupakan bagian yang harus selalu diperiksa apakah ada kerusakan maupun sudah mulai kendur atau tidak. Jumpah cairan pendingin juga harus diperiksa serta jangan sampai habis. Semua selang dan pipa harus diperiksa apakah ada gelembung, retakan, bergeser atau ada kebocoran.
  • Jagalah tekanan pada bagian pendingin AC dengan cara menjalankan AC sebulan sekali selama 10 menit saja. Cara seperti ini dapat mencegah selang-selang menjadi keras serta seal tidak cepat rusak. Setting AC ke posisi yang paling dingin dengan kecepatan fan yang paling kencang.
  • Keringkan evaporator dalam waktu lama setelah anda menjalankan AC. Jalankan defrost selama 5 sampai 10 menit untuk menghilangkan kelembaban udara yang masih tersisa. Cara seperti ini juga dapat mencegah bau yang tidak sedap pada AC mobil anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA