Menjaga Mesin Mobil

Memelihara, menjaga dan memperbaiki bila terjadi kerusakan pada mobil adalah suatu hal yang wajib untuk para pemilik mobil.  Agar perjalanan selalu nyaman dan mesin selalu dalam keadaan baik setiap kali digunakan.

Hasil survei terbaru menyatakan bahwa, 5 dari 10 kasus kecelakanan pada mobil terjadi karena perawatan mesin yang salah. Padahal, hanya dengan melakukan perawatan yang sederhana saja pada mobil anda, anda telah memperpanjang umur mobil dibantu dengan lingkungan yang baik dan stabil.  

Perawatan dasar dimulai dengan proses tune-up. Untuk itu anda memerlukan busi, kabel pengapian, topi distributer serta rotor. Berikut ini kami berikan beberapa cara untuk menjaga mesin mobil anda selalu dalam keadaan baik.

  • Disarankan agar anda mengganti oli setiap mencapai 3.000 hingga 5.000 mil.

Jika tidak mesin anda akan mengeluar suara-suara yang aneh. Saat melakukan proses ganti oli, pastikan anda mengubah oli folter juga. Sebab sia-sia saja jika anda menjalankan oli bersih melalui filter oli yang kotor.  

  • Memeriksa keadaan dan tekanan angin pada ban mobil anda.

 Jika tekanan angin berkurang pada ban bisa menyebabkan ketidak nyamanan daat mengendara, juga bila mengendara mobil dengtan ban yang keadaanya sudah gundul. Maka anda wahib untuk menggantinya, demi kenyamanan anda saat berkendara.

  • Memeriksa semua cairan yang ada di dalam mesin mobil.

Mencakup minyak rem, power steering, cairan antibeku, serta cairan transmisi. Semua cairan ini sangat penting dalam pengoperasian dan kenyamanan berkendara.

  • Memeriksa keadaan knalpot mobil.

Memastikan bahwa knalpot tidak kotor pada bagian dalamnya agar memiliki aliran udara yang baik.  

  • Membersihkan posting baterai serta kabel pada mesin mobil bila perlu serta memeriksa titik koneksi untuk korosi.

Periksalah cairan baterai dan pastikan baterai memiliki cukup cairan, kecuali untuk baterai yang bebas pemeliharaan.

  • Memeriksa sabuk mesin.

Pastikan sabuk mesin tetap pada jalur yang tepat.

  • Memeriksa bagian bawah mobil yaitu pada wadah grease hingga komponen-komponen yang bergerak seperti sendi bola dan dasi batang.

Pemeliharaan yang buruk pada bagian itu bisa mengakibatkan terjadi kecelakaan.

  • Memastikan semua lampu pada mobil menyala dengan baik.

Pastikan bahwa semua lampu dapat bekerja secara maksimal, jika tidak gantilah segera.

  • Periksa wiper anda apakah bekerja dengan baik atau tidak.

Jika tidak bisa berakibat fatal saat anda berkendara dalam keadaan hujan.  

  • Mengecek starter mobil.

Bila mobil tidak dapat di starter itu karena bahan bakar atau udara yang kurang pada sistem karburator, atau biasanya saringan karburator kotor. Periksalah saringannya, cabut filter lalu bersihkan dengan menggunakan kuas atau sikat gigi. Jangan menggunakan alat pemanas seperti hait dryer atau sejenisnyakarena dapat merusak dinding saringan udara. Bila anda sudah membersihkannya namun tidak ada perkembangan, maka bawalah ke bengkel terdekat.   

Selain itu ada dua hal yang bisa jadi penyebab mobil tidak bisa di starter yaitu: karena aki sudah dalam keadaan kurang bagus sistem kelistrikannya, dan suplay listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA