Mencegah Terjadinya Overheat Pada Mesin Mobil

Overheated-car2Ketika jarum penunjuk suhu udara dalam mesin mobil tiba-tiba naik lebih dari biasanya, pastinya anda akan merasa panik. Sebab, sering muncul isu tentang temperatur suhu dalam mesin yang naik secara tiba-tiba merupakan kegagalan dari proses pendinginan pada mesin mobil.

Kejadian seperti ini sering terjadi jika kita kurang waspada saat mengendarai mobil. Yang paling baik adalah sebaiknya anda menghentikan perjalanan untuk memeriksa apa yang terjadi pada mesin mobil anda.

Mesin yang mengalami overheat secara tiba-tiba umumnya terjadi karena kelalaian dalam hal merawat mobil, khususnya pada bagian pendinginan mesin. Padahal, hal seperti menjaga pendinginan mesin sangat mudah sekali perawatannya.

Beberapa bagian mesin mobil yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya overheat pada mesin mobil, adalah :

  • Kipas

Kipas pendingin belakangan ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu kipas untuk radiator serta kipas untuk pendingin kondensor AC. Kedua kipas tersebut dibedakan dari bentuk serta tempatnya.

Sumber tenaga dari kipas terbagi lagi menjadi dua jenis, meliputi kipas dnegan sumber daya motor listrik serta kipas dengan penggerak belt yang menggunakan tenaga dari putaran mesin.

Untuk mengetahui keadaan motor listrik, anda cukup mengecek putaran dari motor saat bekerja. Jika putarannya terlihat lemah serta tidak kencang seperti biasanya maka bisa saja ada masalah dengan motornya.

Pada kipas dengan penggerak belt, anda perlu rajin memeriksa kekencangan belt agar tidak terlalu kendur yang nantinya dapat menyebabkan selip. Selain itu belt juga jangan terlalu kencang karena membuat belt itu sendiri menjadi cepat aus yang nantinya dapat membebani unit mesin serta belt itu sendiri.

Pada beberapa jenis mobil keluaran terbaru dilengkapi dengan kipas serta visco van yang berfungsi untuk memberi cairan visco pada kipas serta puley, agar mesin tetap dalam keadaan dingin sehingga putaran kipas tidak terlalu kencang, namun ketika temperatur mesin mulai naik, maka cairan tersebut akan memuai sehingga dapat menekan kipas untuk bergerak lebih kencang.

Jika keadaan mesin panas namun kipas masih ringan maka bisa jadi cairan visco yang keluar masih kurang.

  • Radiator

Air yang digunakan untuk mendinginkan mesin akan didinginkan di dalam radiator. Saluran dalam radiator sangat mudah sekali untuk tersumbat, baik oleh kerak maupun karat. Jika saluran radiator hingga tersumbat maka anda harus menservis di tukang servis khusus radiator untuk membersihakn semua kerak maupun karat dalam radiator.

car-radiator-repair

Selain itu, terkadang sela-sela radiator juga ikut tersebumbat. Bila sampai tersumbat maka akan mengurangi kerja radiator untuk mendinginkan mesin. Jadi alangkah baiknya bila anda selalu memeriksa keadaan sela-sela radiator setiap 3 atau 6 bulan sekali.

  • Tutup Radiator

Tutup radiator juga memiliki peranan yang sangat penting. Yaitu sebagai katup buka tutup penghubung antara radiator ke tangki reservoir radiator. Saat radiator dalam kondisi panas maka radiator akan kelebihan tekanan. Setelah tekanannya mencapai suhu tertentu maka tutup radiator akan naik keatas sehingga dapat membuang kelebihan air menuju ke reservoir. Ketika suhu radiator mulai turun maka air dari reservoir akan  masuk kembali ke radiator.

Sebaiknya air radiator selalu terisi penuh. Sebaiknya jangan memeriksa air radiator dengan membuka tutup tangki radiator. Anda bisa memeriksa air radiator dengan cara melihat ketinggian air dcadangan dalam tangki reservoir. Air harus selalu berada dalam kisaran antara upper level dengan lower level.

  • Water pump

Water pump berfungsi sebagai pompa yang menggerakkan sirkulasi air pendingin. Waterpump umumnya berupa kincir yang memiliki as, dan as tersebut dihubungkan dengan puley yang digerakkan oleh putaran mesin.

mesin mobil

Karena water pump hanya menggerakkan air maka water pump sangat awet serta jarang sekali terjadi masalah. Kerusakan yang terjadi pada water pump biasanya ada pada bearing serta seal pada bagian pompanya.

Jika mobil anda tiba-tiba mengeluarkan suara berisik dari water pump atau muncul tetesan maupun kebocoran disekitar water pump, maka anda perlu menservisnya sesegera mungkin.

  • Thermostat

Thermostat sering kali dilupakan karena dianggap sebagai pengganggu  serta sering membuat mesin mobil menjadi overheat karena aliran air terhalang oleh thermostat sehingga menjadi tidak lancar. Padahal, thermostat berfungsi sebagai katup untuk menjaga mesin tetap bekerja pada suhu optimal.

Ketika mesin menjadi dingin, maka thermostat akan tertutup sehingga air pendingin hanya akan berputar  disekitar mantel mesin, sehingga temperatur mesin akan cepat memanas. Ketika temperatur mesin mulai memanas maka thermostat akan terbuka yang nantinya berfungsi untuk mengalirkan air ke radiator untuk didinginkan.

Ketika proses pendinginan dirasa sudah cukup maka thermostat akan menutup kembali. Jika anda melepas thermostat maka mesin akan sulit mendapatkan temperator kerja yang optimal.

  • Cairan Radiator

Bila mesin dalam mobil anda masih baru serta masih dalam keadaan bersih, maka perawatan akan semakin mudah karena kebanyakan produsen mobil sudah melengkapi mobilnya dengan water coolant.

Kondisi air di Indonesia yang kaya kandungan kapur akan mudah sekali menyebabkan munculnya kerak di dalam radiator. Jadi sebisa mungkin ganti air radiator anda dengan water coolant.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA