Jenis Ban Mobil

Dengan adanya berbagai macam jenis ban mobil, membuat kita sering bingung dalam memilih dan menentukan jenis ban mobil yang cocok untuk kita pakai.

Menentukan ban mobil untuk memperoleh performa yang bagus adalah sesuatu hal yang paling diutamakan, karena beberapa mobil memiliki fungsi khusus yang berbeda sehingga beberapa produsen ban mobil menciptakan beragam jenis ban mobil dengan berbagai macam variasi.

Pemilihan ban untuk mobil berpenumpang tergantung dari bagaimana cara anda dalam mengemudi dan juga tergantung dari performa yang anda inginkan. Berikut ini adalah jenis-jenis ban mobil yang sering kali dipergunakan.

  • Tipe All-season

Ban ini tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai dari mobil ukuran kecil sampai dengan ukuran untuk mobil SUV, termasuk untuk mobil pick-up. Ban jenis ini cocok bagi mereka yang mencari kenyamanan dalam berkendara  dan pemakaian jangka panjang. Jadi anda tidak perlu terlalu sering mengganti ban.

  • Tipe Performance all-season

Jenis ban ini memiliki speed ratting yang lebih tinggi dibandingkan dengan ban all-season standart. Ban ini biasanya memberikan pengereman dan handling yang lebih baik, dan biasanya memiliki profil lebih rendah karena ketinggian dari dinding sisi ban yang lebih pendek, serta alur footprint yang lebih lebar untuk diaplikasikan ke model yang sporty.

  • Type ultra performance

Ban ini biasanya digunakan untuk mobil sport jenis sedan. Ban ini didisain untuk memberikan handling yang mantap dan steering yang responsif dalam segala jenis cuaca. Hanya saja umurnya relatif lebih pendek. Namun itu semua tetap tergantung pada pemakaian.

 

Untuk kendaraan SUV dan kendaraan berat seperti truk biasanya membutuhkan ban yang khusus, mengingat ukurannya yang lebih besar, dan dinamis. Berikut ini adalah jenis ban yang bisa dipergunakan untuk SUV dan truk.

  • Tipe all-season truck

Ban ini pada bagian tepinya membulat dan sangat bagus sekali untuk on-road driving. Ban jenis ini dirancang untuk menampilkan performa yang baik untuk berbagai macam kondisi.

  • Tipe all-terain

Ban ini biasa dipergunakan untuk jenis off-road atau meratakan jalan ringan. Biasanya jenis ban ini diberi traksi tambahan yang berfungsi untuk melaju pada jalanan yang tidak rata atau bersalju.

 

Dengan begitu banyaknya jenis ban, anda pasti bingung  bagaimana cara memilih ban yang bagus dan berkualitas.  

  • Utamakanlah keselamatan

Cari ban yang mengutamakan faktor keamanan yaitu ban yang baik saat dipakai dalam tes pengereman, tes handling, dan mempunyai daya tahan untuk pembentukan lapisan air antara permukaan ban dengan permukaan jalan atau hydroplaning. Biarkan kenyamanan mengemudi, tread wear, daya tahan perputaran roda, dan suara-suara menjadi nilai tambahan.

  • Baca petunjuk yang diberikan.

Biasanya pabrik hanya memberikan jaminan berupa penggantian kerugian apabila ban mengalami kerusakan dalam jarak tempuh tertentu saja. Jadi, semakin jauh jarak tempuh pada ban, maka nilai penggantiannya semakin sedikit. Jaminan untuk ban kebanyakan hanya mencakup kerusakan yang terjadi dikarenakan pemakaian biasa, dan tidak termasuk kerusakan yang disebabkan oleh lubang dan bahaya lain yang terjadi di jalan.

  • Mengenali ukuran ban

Cara untuk mengetahui ukuran dan tipe ban yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan. Lakukan pemeriksaan pada bagian plakat yang ada laci mobil atau doorjamb, atau pada penutup bahan bakar, atau pada buku panduan pemilik.

 

One thought on “Jenis Ban Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA