Cara Untuk Menjaga Cat Mobil Tetap Mengkilap

kiosban50

Semua pemilik mobil pasti menginginkan mobilnya selalu mengkilap seperti baru. Namun terkadang baru sebentar saja, warna cat pada mobil kesayangan kita menjadi nampak kusam.  Sebenarnya, cat mobil dari pabrik sudah memiliki kualitas yang baik serta sudah teruji dan juga mampu untuk tetap bertahan sampai belasan tahun lamanya. Namun tentu saja semua itu tergantung dari segi perawatan cat mobil itu sendiri.

Kesalahan dalam mencuci mobil sering kali terjadi pada kebanyakan orang ketika secang mencuci mobil sehingga menyebabkan munculnya goresan-goresan halus pada bagian permukaan body mobil. Kondisi jalan yang berdebu serta berpasir juga dapat menempel pada bagian body mobil.

Bila hal-hal seperti diatas terjadi, sebaiknya mobil harus dicuci sesegera mungkin. Sebab dapat menyebabkan munculnya baret atau goresan pada cat mobil. Maka dari itu, pembilasan body mobil ketika dicuci sangat penting sekali artinya untuk melepas semua kotoran yang menempel pada permukaan cat mobil.

maucaridika-cuci-mobil-mesin-jangan-disemprot

Dibawah ini adalah beberapa cara untuk menjaga warna cat mobil tetap berkilap seperti baru:

  • Melindungi mobil dari segala cuaca

Usahakan untuk selalu memarkir mobil di tempat yang teduh atau beratap sehingga terhindar dari bahaya sinar matahari maupun hujan secara langsung. Sinar matahari dapat merusakn lapisan cat mobil. Bila anda harus meninggalkan mobil ditempat yang terbuka serta terkena sinar matahari dalam waktu yang lama, sebaiknya tutupi mobil dengan penutup yang berkualitas. Mobil yang terkena air hujan dan tidak dibersihkan dengan segera maka akan menimbulkan noda yang dapat menyebabkan jamur. Hindari kontak langsung antara mobil dengan embun karena dapat mempercepat munculnya korosi atau karat. Bila anda tidak memiliki garasi, tutup mobil anda dengan terpal atau kantong mobil.

  • Rutin mencuci mobil

Rutin mencuci mobil paling tidak setiap 2 minggu sekali dapat menghindari menumpuknya berbagai polutan, debu serta bahan kimia yang dapat merusak lapisan warna dari cat mobil kesayangan anda.

  • Waktu dan tempat untuk mencuci mobil

Waktu yang paling baik untuk mencuci mobil adalah pada saat mobil dalam keadaan dingin serta lakukan pencucian mobil ditempat yang terbuka dan teduh untuk menghindari sinar matahari langsung.

  • Gunakan samphoo khusus mobil

Kandungan kimia dalam sabun deterjen dapat membuat cat mobil menjadi kusam secara perlahan-lahan. Sebaiknya gunakan shampoo mobil yang bagus untuk mencuci mobil kesayangan anda. Bila anda tidak sempat membeli shampoo khusus untuk mencuci mobil, anda juga bisa menggunakan shampoo atau sabun untuk mandi. Dengan catatan shampoo atau sabun mandi tersebut tidak mengandung deterjen.

  • Bilas sabun dengan air sesegera mungkin

Hindari busa sabun yang menempel terlalu lama pada bagian permukaan cat mobil anda. Terlebih lagi bila anda mencuci dibawah sinar matahari langsung. Busa sabun yang menempel terlalu lama pada permukaan body mobil akan menimbulkan adanya bercak-bercak pada cat mobil. Sebaiknya segera bilas dengan air setelah melakukan penyabunan ketika anda mencuci mobil kesayangan anda.

  • Memperhatikan tekanan air

Jangan gunakan tekanan air yang terlalu kencang saat anda mencuci mobil anda. Mencuci mobil dengan air bertekanan tinggi akan dapat merusak cat mobil tersebut. Semprotan air berdungsi untuk membersihkan kotoran yang masih menempel pada bagian mody mobil. Cukup gunakan air dengan tekanan sedang saat anda mencuci mobil kesayangan anda.

  • Segera keringkan dengan lap

Setelah mencuci mobil, mobil harus segera dikeringkan dengan lap khusus yang dapat menyerap air atau kanebo. Cara seperti ini bertujuan agar air tidak menempel terlalu lama serta tidak berbekas pada bagian permukaan cat mobil.

  • Hati-hati ketika melap permukaan mobil

Mengelap permukaan mobil merupakan hal yang penting sekali dalam merawat cat mobil. Bila anda tidak hati-hati saat melap permukaan mobil nantinya akan menimbulkan goresan yang dapat merusak cat mobil. Selain itu gunakan kain yang basah saat mengelap mobil agar partikel-partikel yang masih menempel pada permukaan mobil idak menggores cat mobil anda.

  • Bersihkan partikel kasar yang masih melekat

Debu-debu halus yang masih menempel pada permukaan body mobil harus segera dibersihkan dengan menggunakan kemoceng karena debu-debu yang masih menempel tersebut dapat menyebabkan goresan halus yang nantinya dapat merusak lapisan cat mobil

  • Hindari cairan yang berbahaya

Cairan seperti minyak rem maupun air aki sangat berbahaya bagi cat mobil. Tumpahan minyak rem maupun air aki dapat merusak cat mobil anda. Jika terkena tumpahan caoran-cairan yang berbahaya tersebut, segera bersihkan dengan menggunakan lap yang lunak.

  • Menggunakan wax

Untuk melindungu serta menjaga cat mobil tetap berkilau, anda bisa melapisinya dengan menggunakan wax. Penggunaan wax pada permukaan cat mobil dapat melindungi cat mobil dari sinar matahari maupun debu . Lakukan waxing setiap 2 sampai 3 bulan sekali untuk melindungi cat mobil kesayangan anda agar selalu tampak seperti baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA