Cara Untuk Menghemat BBM

mengisi bahan bakar

mengisi bahan bakar

Cara seseorang dalam mengendarai mobil juga berimbas pada pemakaian bahan bakar. Karena, bila seseorang mengemudikan kendaraan secara agresif seperti melakukan pengurangan maupun  penambahan kecepatan mobil juga dapat menghabiskan BBM dengan cepat.

Cara mengemudi yang baik adalah secara perlahan. Karena selain dapat mengirit bahan bakar, cara seperti ini juga dapat menurunkan resiko terjadinya kecelakaan dan dapat mengurangi polusi udara sehingga lebih ramah lingkungan.

Lantas bagaimana cara untuk menghemat BBM saat kita mengemudi? Di bawah ini adalah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat bahan bakar pada mobil anda.

  • Biasakan untuk memindahkan gear atau transmisi secepat mungkin. Perpindahan transmisi sebelum jarum RPM menunjukkan angka 2.500 untuk mobil yang menggunakan bahan bakar bensin, serta menunjukkan angka RPM 2.000 untuk mobil bahan bakar diesel.
  • Beberapa komponen penghasil tenaga akan mengalami penurunan fungsi akibat adanya gesekan. Penurunan fungsi komponen yang sering bergesekan akan semakin bertambah seiring dengan kenaikan putaran pada mesin. Bila mesin berputar secara perlahan maka penurunan fungsi akan dapat dikurangi sehingga dampak positifnya adalah bahan bakar menjadi lebih irit.
  • mesin mobilBeban kerja pada mesin untuk menghasilkan tenaga akan menjadi semakin boros saat seorang pengemudi tidak mampu menyesuaikan penggunaan transmisi dengan benar. Tenaga yang besar menjadi tidak maksimal untuk menggerakan roda-roda penggerak.
  • Putaran mesin yang dihasilkan seharusnya tidak terhambat oleh gigi transmisi. Jadi, mesin serta roda penggerak harus tersambung dengan mulus tanpa ada hambatan apapun, untuk lebih menghemat bahan bakar.
  • Cara menghemat bahan bakar pada mobil adalah dengan melalukan kecepatan konstan dengan menggunakan gigi transmisi tinggi. Ketika kita mengendarai mobil dalam keadaan cepat, energi serta bahan bakar nantinya akan menggerakkan mobil. Bahan bakar akan terbuang percuma ketika kita melakukan perlambatan secara tiba-tiba dengan pedal rem maupun mengangkat pedal gas.
  • Ketika anda melakukan pengereman secara mendadak, maka anda diharuskan untuk mengembalikan kecepatan pergerakan dengan cara menginjak pedal gas maupun memutar tuas throttle. Saat pedal gas di injak maka valve di karburator akan menyemprotkan sejumlah bahan bakar ke ruang pembakaran. Bila anda lakukan cara seperti ini berkali-kali maka bahan bakar anda akan cepat habis.
  • Bila anda mengemudi di jalan tol maka gunakankan cruise control. Cara seperti ini akan sangat membantu untuk mendapatkan kecepatan secara konstran. Cara seperti selain dapat lebih menghemat bahan bakar juga dapat menjaga umur pemakaian komponen mesin pada mobil anda.
  • Pedal akselerator hanya berfungsi untuk mengoperasikan katup throttle atau kupu-kupu yang nantinya berpengaruh pada kwantitas udara.
  • Jumlah pemakaian bahan bakar dipengaruhi oleh beban kerja mesin mobil itu sendiri. Semakin kecil reduksi dari tenaga yang dihasilkan oleh mesin maka semakin kecil pula pemakaian bahan bakar. Maka dari itu, tenaga yang dibutuhkan untuk mendapatkan kecepatan konstan jelas lebih kecil daripada dengan menggunakan akselerasi.
  • Sangat penting sekali untuk mendapatkan kecepatan yang konstan sebagai cara antisipasi situasi lalu lintas dehingga pengemudi dapat memilih jalur yang harus dilewati serta dapat mengurangi mengereman maupun akselerasi yang tidak penting sehingga dapat menghemat bahan bakar.
  • Saat anda perlu melakukan perlambatan, sebaiknya lakukan dengan sehalus mungkin secara bertahap dengan tetap menggunakan didi transmisi atau tidak dalam keadaan netral.
  • Mobil buatan tahun 2000 ke atas biasanya sudah dilengkapi dengan sistem injeksi elektronik yang memiliki sistem fuel cut-off, yang merupakan sebuah kemampuan untuk memutus suplai bahan bakar ke ruang pembakaran saat mobil melakukan perlambatan. Selain itu, dengan adanya sistem seperti ini, pengemudi bisa mengangkat pedal gas setiap melakukan perlambatan tanpa melakukan pengereman.
  • Untuk kendaraan yang masih menggunakan karburator tanpa sistem fuel cut-off, sebaiknya membiasakan untuk mengangkat pedal gas maupun menutup tuas throttle dengan halus serta menghindari pengereman mendadak untuk menghemat bahan bakar.
  • Selain itu, untuk menghemat bakar adalah dengan cara menjaga beban atau muatan kendaraan agar tidak terlalu berat. Semakin ringan beban mobil anda maka semakin ringan pula beban kerja mesin sehingga bahan bakar menjadi lebih hemat. Keluarkan semua barang-barang yang tidak penting dalam mobil anda agar mobil anda menjadi semakin ringan.
  • Mesin yang dapat bekerja dengan sempurna akan dapat memaksimalkan pemakaian bahan bakar. Jadi, selalu memeriksa keadaan mesin mobil anda. periksa oli mesin, oli transmisi, oli kopling serta oli rem secara rutin. Dengan begitu mobil anda akan lebih hemat bahan bakar.
  • Sebaiknya jangan gunakan mobil untuk menumpuh perjalanan dalam jarak dekat. Anda bisa berjalan kaki atau bersepeda untuk perjalanan yang tidak terlalu jauh. Sekaligus olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA