Cara Untuk Memilih Dan Merawat Mobil Tua

evelaq6i

Perkembangan teknologi otomotif saat ini sangat cepat sekali. Banyak mobil-mobil baru yang diproduksi dan dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Dan tren moda transportasi pribadi di jaman sekarang ini mulai bergeser dari roda dua ke roda empat. Namun tetap saja banyak faktor yang membuat orang terkendala untuk memiliki sebuah mobil.

Kendala nomer satu tentu saja masalah dana. Membeli mobil keluaran lama sepertinya bisa menjadi pilihan yang sangat bijaksana. Hal seperti ini bisa dimaklumi karena kebutuhan setiap manusia dari waktu ke waktu akan terus bertambah.

Bila anda memiliki rencana untuk memiliki mobil, sepertinya tidak ada salahnya bila anda memilih mobil keluaran lama yang memang harganya lebih ‘murah’. Namun anda tetap harus lebih teliti sebelum membeli, agar mobil lama yang anda beli tidak menimbulkan masalah yang baru nantinya. Sebab, mobil keluaran lama dapat dikatakan sebagai mobil tua yang mesin dan mobinya sudah tidak layak lagi untuk dipakai.

Cara yang paling baik saat anda memilih mobil keluaran lama adalah bersama dengan seseorang yang ahli di bidang otomotif atau bersama seorang montir. Sebab, orang yang ahli dibidang otomotif maupun montir dapat memeriksa kondisi mesin serta body mobil keluaran lama yang akan anda beli apakah masih bagus atau sudah  masuk kategori ‘rongsokan’.

Uji mobil yang akan anda beli bersama dengan orang yang ahli di bidang otomotif atau montir tadi. Mereka lebih tahu pasti adanya kerusakan melalui suara dari mesin mobil tersebut.

Selain itu, jangan beli mobil yang sulit dikendalikan ketika dalam kecepatan tinggi. Mobil yang sulit untuk dikendalikan pada kecepatan tinggi menandakan ada yang tidak beres pada keseimbangan mobil itu sendiri.

Periksa semua bagian sambil bagian kolong mobil. Jika ada keropos pada bagian chassis mobil, sebaiknya jangan beli mobil tersebut. Dan tidak lupa periksa surat-surat mobil seperti BPKB maupun STNK dan harus sesuai dengan kondisi fisik mobil yang akan anda beli.

Bila moil yang anda miliki telah berusia lebih dari 10 tahun, maka mobil tersebut memerlukan perhatian serta perawatan yang lebih agar dapat bekerja dengan baik seperti mobil-mobil yang masih baru. Perawatan mobil keluaran lama juga sangat tergantung pada cara perlakukan kita terhadap mobil tersebut sehari-hari.

images

Cara merawat mobil tua agar mampu bekerja secara optimal, meliputi:

  • Selalu mengganti oli

Ganti oli mesin mobil tua setiap mobil menempuh perjalanan sejauh 2.500 km. Cara seperti ini dapat meringankan beban kerja mesin mobil tersebut, khususnya pada saat putaran tinggi. Selain itu cara seperti ini juga dapat mencegah munculnya deposit atau kerak pada mesin. Dan tingkat emis gas buang juga bisa ditekan serendah mungkin. Sebaiknya gunakan oli yang memiliki kekentalan SAE 10-40 atau 15-40 W

  • Periksa kabel

Ganti kabel-kabel yang sudah mengelupas dengan kabel yang baru. Tentunya dengan bantuan montir yang ahli dalam bidang kelistrikan. Kabel yang sudah mengelupas dapat menimbulkan korsleting serta dapat mengakibatkan mesin tidak bisa dihidupkan. Kabel yang mengelupas dapat menimbulkan percikan api yang nantinya dapat menyebabkan kebakaran.

  • Periksa bagian kaki-kaki

Periksalah bagian kaki-kaki mobil tua agar selalu dalam keadaan baik. Periksalah bagian ball joint, tie rod, bushing arm, suspensi serta memeriksa karet stabilizer. Cara seperti ini juga bisa mencegah munculnya bunyi-bunyi aneh pada bagian chassis mobil.

  • Gunakan cover untuk jok

Tutuplah jok asli mobil dengan cover jok yang tebal. Hal seperti dapat menhindari bahaya terkena tumpahan atau kotoran yang dapat menodai jok mobil. Selain itu juga dapat menjaga jahitan pada jok mobil tidak mudah lepas.

  • Ganti ring

Untuk meningkatkan keja mesin mobil tua, sebaiknya ganti ring sekher yang sudah lemaj atau yang sudah berkarat dengan ring yang baru. Bila tidak digani dengan yang baru, maka aliran bensin menjadi tersendat dan suara mesin menjadi kasar. Putaran mesin mobil menjadi tersendat karena pasokan bahan bakar tidak optimal.

  • Gunakan cover atau penutup

Agar cat mobil tidak cepat pudar, sebaiknya lindungi bagian permukaan mobil dengan cover mobil terutama bila anda sering memarkir mobil anda di luar garasi. Cara seperti ini dapat mencegah mobil anda terkena kotoran maupun getah yang sulit sekali untuk dibersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA