Cara Merawat Mobil Yang Berwarna Putih

Mobil-Warna-Putih-Bentley

Pada akhir tahun 2008 sering kita jumpai mobil berwarna putih, karena memang pada saat itu mobil dengan warna putih dengan menjadi trend dikalangan masyarakat. Mobil yang berwarna putih menggambarkan elegan  dan juga membuat mobil selalu tampak bersih.

Namun, apabila kita tidak dapat merawat mobil yang berwarna putih dengan baik, maka tentu saja warnanya akan menjadi berubah dan menjadi tidak sedap dipandang mata.

Merawat mobil yang berwarna putih dapat dikatakan susah-susah gampang. Namun bila kita sudah tahu cara dalam merawat mobil yang berwarna putih maka tidak akan mengalami kesulitan yang berarti.

Beberapa cara yang bisa anda laklukan dalam hal perawatan mobil yang berwarna putih adalah memastikan agar mobil anda tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Jadi, sebaiknya posisi dalam memarkir mobil yang berwarna putih harud diperhitungkan dengan baik.

Selain itu, bersihkan bagian permukaan mobil yang berwarna putih sebelum anda mencucinya. Bersihkan dengan menggunakan kemoceng untuk menghilangkan semua debu yang menempel. Usahakan saat anda mencuci mobil dengan menggunakan air pam yang sudah disuling. Siramlah mobil anda dari atas sehingga semoa kotoran yang menempel bisa jatuh semua ke bawah.

Cuci mobil anda dengan menggunakan shampoo khusus yang memiliki pH netral atau 7,5. Selain itu gunakan wash mitt untuk menggosok shampoo secara merata pada bagian permukaan mobil. Gosoklah perlahan agar tidak terjadi goresan pada bagian cat mobil anda.

Gunakan shampoo secukupnya saja. Jangan mencuci mobil yang berwarna putih dengan menggunakan busa. Karena debu yang masih menempel pada busa dapat menimbulkan goresanb halus pada cat mobil anda nantinya.

Setelah itu segera bilas dengan menggunakan kanebo. Kanebo dapat menyerap air sehingga mobil menjadi cepat kering. Setelah itu gunakan lap micro fiber yang tidak lembab untuk membersihkan bagian permukaan mobil kesayangan anda.

Selain itu pastikan agar mobil anda benar-benar kering, khususnya pada bagian spion. Bagian spion mobil umumnya sulit sekali untuk dikeringkan. Bila tidak dikerangkan dengan benar nantinya akan mengeluarkan air ketika mesin mobil dihidupkan. Air yang keluar akan menimbulkan bekas pada cat mobil seperti aliran air nantinya.

Mobil harus benar-benar kering. Jika anda merasa atau mengalami kesulitan saat membersihkan atau mencuci mobil anda, anda bisa membawa mobil kesayangan anda ke Car Wash terdekat. Agar seluruh bagian mobil dapat dibersihkan dengan lebih optimal.

Bila mobil anda masih baru, anda bisa menggunakan paint protection. Harganya memang relatif mahal, namun dapat membuat mobil kesayangan anda yang berwarna putih menjadi tetap bersih seperti baru dalam waktu lama.

156750

Cara lain dalam hal merawat mobil putih agar tetap bersih, adalah:

  • Cuci mobil setiap hari, jika anda sering menggunakan mobil anda. Bila mobil anda jarang dipakai maka anda tidak perlu mencucinya setiap hari.
  • Jangan cuci mobil anda dibawah sinar matahari langsung maupun pada saat mobil masih dalam keadaan panas. Cucilah mobil di tempat yang teduh dan tunggu sampai mobil dingin.
  • Pakai shampoo jenis free rinsing serta memiliki pH balance sebab shampoo dapat digunakan untuk mencegah terjadinya oksidasi serta tidak akan meninggalkan residu bilah tidak dibilas dengan baik.
  • Keringkan mobil secara bertahap. Pertama, keringkan sisa-sisa air dengan menggunakan kanebo lalu dila lagi dengan lap atau handu micro fibre. mengeringkan mobil dengan menggunakan kanebo sebenarnya masih menyisakan lapisan air atau embun tipis pada permukaan klear coat.¬† Jika lapisan embun tersebut mengering karena panas atau karena hembusan angin akan mengakibatkan oksidasi. Warna putih pada mobil akan memudar menjadi kekuningan.
  • Gunakan wax agar cat mobil anda tetap berkilau. Tapi jangan terlalu sering. Sebaiknya gunakan wax yang memiliki dua aksi, yaitu cleaner dan waxes. Cleaner berdungsi untuk mengangkat sisa oksidasi ringan yang tidak dapat hilang dengan proses cuci. Sedangkan waxes untuk melindungi, melapisi serta membuat lapisan clear coat menjadi kelihatan wet look.
  • Jangan gunakan wax yang mengandung silikon tinggi. Sifat dari silikon adalah berminyak, sehingga nantinya akan cepat luntur bila sering dicuci. Bila kualitas silikonnya jelek dapat meninggalkan residu pada permukaan cat mobil anda. Ini juga yang bisa menyebabkan warna putih menjadi pudar sehingga kelihatan kekuningan.
  • Lakukan perawatan secara berkala dan menyeluruh di salon mobil yang profesional agar mobil kesayangan anda yang berwarna putih menjadi selalu tampak seperti baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA