Cara Merawat Ban Mobil

ban mobil

Ban atau roda merupakan salah satu komponen yang penting pada sebuah mobil. Menurut data yang ada pada Departemen Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya di Amerika Serikat, ada sekitar 660 kasus kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kurangnya tekanan angin dalam ban serta memakan korban jiwa sebanyak 33 ribu orang per tahun.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh RMA atau Rubber Manufacturers Association terhadap 1000 orang responden pengemudi di seluruh negara bagian Amerika, telah menemukan beberapa fakta, seperti:

  • Sebanyak 63% pengendara mobil menyebutkan bahwa tekanan ban sangat berpengaruh pada jarak tempuh dari mobil.
  • Hanya 19% dari para pengemudi yang selalu memeriksa tekanan ban mobil mereka.
  • Banyak pengendara mobil yang selalu mencuci mobil mereka, dan hanya sedikit sekali pengendara mobil yang merawat dan memeriksa tekanan ban mobilnya.

3377.large

Anda bisa menempuh jarak sampai 3,3% lebih jauh serta menghemat biaya BBM, bila anda rajin memeriksa dan merawat keadaan ban mobil anda termasuk menjaga tekanan ban mobil anda.

Beberapa cara untuk merawat ban mobil:

  • Jangan tunggu ban hingga rusak. Biasakanlah untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil anda, minimal sebulan sekali serta sebelum melakukan perjalanan yang jauh. Ban yang tekanan udaranya kurang mencukupi akan menyebabkan ban menjadi mudah panas karena gesekan dengan aspal sehingga mengakibatkan ban menjadi cepat aus serta bisa membahayakan keselamatan kita.
  • Menghafal tekanan udara yang sesuai dengan ban mobil anda. Ukuran tekanan ban dapat dilihat dari stiker yang menempel pada bagian dalam pintu mobil anda maupun pada buku petunjuk pemilik kendaraan.
  • Check-Tire-PressureUntuk pengukuran tekanan yang cocok terhadap tekanan ban pada mobil anda, maka periksalah ban saat suhu pada ban masih dingin. Bila mobil anda baru saja dipakai untuk melakukan perjalanan yang jauh,sebaiknya tunggulah sampai sekitar tiga jam.
  • Selalu melakukan pemeriksaan secara berkala minimal sebulan sekali serta selalu menjaga agar ukuran tekanan ban mobil anda selalu dalam batasan yang pas. Dengan cara seperti ini, maka mobil anda akan selalu siap untuk digunakan sewaktu-waktu saat anda butuhkan.
  • Cara untuk mengetahui apakah ban mobil anda sudah gundul atau tidak, anda bisa menggunakan uang koin. Caranya adalah dengan meletakkan uang koin pada bagian permukaan ban mobil anda. Bila anda dapat melihat gambar pada uang koin secara keseluruhan pada permukaan ban, maka sudah saatnya anda mengganti ban mobil anda dengan yang baru.
  • Sebisa mungkin hindari ban mobil anda dari lubang di jalanan. Lubang yang terlalu besar di jalanan dapat merusak ban mobil anda. Selain itu juga dapat mengganggu keseimbangan pada ban mobil.
  • Pastikan untuk menukar ban mobil yang depan dengan ban yang ada di belakang setiap 6000 mil. Cara seperti ini dilakukan untuk menyeragamkan kondisi pada ban secara keseluruhan serta dapat memperpanjang masa pakai ban menjadi lebih awet.
  • Pastikan untuk memeriksa tutup pentil pada ban. Ban yang tidak dilengkapi dengan penutup pentil dapat menyebabkan kebocoran  udara di dalam ban serta dapat menyebabkan tekanan dalam ban menjadi berkurang.
  • Memeriksa keseimbangan ban mobil secara rutin. Cara seperti ini untuk menghindari putaran ban menjadi tidak stabil.
  • Menghitung berat mobil anda agar tidak kelebihan bobot. Bila muatan dalam mobl anda melebihi kapasitas maksimal nantinya akan menyebabkan tekanan yang berlebihan pada ban mobil anda serta dapat membahayakan anda nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA