Cara Meningkatkan Horsepower Pada Mobil

mustang 0607 003Kondisi mesin yang dapat bekerja dengan baik merupakan hal yang terpenting bagi kelancaran fungsi dari semua mesin yang ada di dalam mobil.

Mesin akan mengubah bahan bakar menjadi energi kinetik yang nantinya digunakan sebagai tenaga penggerak untuk menggerakan mobil.

Tenaga mesin umumnya dihitung dengan berbagai satuan. Salah satu satuan dari pengukuran tenaga mesin yang paling populer disebut dengan Horsepower atau lebih dikenal dengan nama Hp.

Semakin besar Hp atau horsepower dari sebuah mesin mobil akan semakin besar juga tenaga yang dikeluarkan oleh sebuah mobil.

Mayoritas mobil memiliki spesifikasi tenaga mesin yang standar. Namun bagi sebagain pemiliki mobil, kemungkinan terbersit keinginan untuk meningkatkan tenaga pada mesin mobil yang dimilikinya untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Dibawah ini adalah berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan Hp atau horsepower pada mesin mobil kesayangan anda:

  • Mengganti chip Komputer

Anda dapat mengganti chip ROM yang terdapat di dalam ECU atau Engine Control Unit untuk meningkatkan tenaga pada mesin mobil kesayangan anda.

Namun, dalam beberapa kasus, mengganti chip seperti ini hanya efektif bila disertai dengan modifikasi lainnya , seperti memodifikasi air intake atau saluran udara serta modifikasi sistem pembuangan.

  • Memodifikasi sistem pembuangan.

Dengan cara mengganti sistem pembuangan juga dapat meningkatkan Hp atau horsepower pada mesin mobil. Knalpot atau sistem pembuangan yang canggih umumnya menggunakan pipa berukuran besar, header serta free flow muffler untuk mengurangi adanya hambatan udara atau yang biasa disebut tekanan balik, sehingga sistem pembuangan menjadi semakin lancar.

  • Memasang turbocharger

Ketika anda ingin menambahkan turbocharger atau supercharger, anda diharuskan juga untuk mengganti silinder dengan ukuran yang lebih besar juga untuk memperbesar tenaga yang dikeluarkan.

Cara kerjanya; turbocharger akan memampatkan udara yang masuk ke arah silinder. Hal seperti ini akan meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam silinder untuk meningkatkan proses pembakaran pada bagian mesin mobil. Maka, semakin banyak oksigen yang masuk dalam ruang pembakaran akan membuat tenaga pada mesin semakin besar.

  • Mendinginkan udara yang masuk.
intercooler

intercooler

Suhu yang tinggi atau terlalu panas akan membuat udara menjadi memuai, sedangkan suhu yang dikit memiliki sifat yang lebih padat. Agar udara yang panas tidak ikut masuk kedalam mesin, maka udara dingin juga harus dimasukkan ke dalam ruang pembakaran untuk meningkatkan tenaga pada mesin mobil kesayangan anda.

Agar anda mendinginkan udara yang masuk kedalam mesin, anda dapat memasang intercooler, yang juga merupakan sejenis karburator yang juga dilengkapi dengan turbocharger. Maka, sebelum udara memasuki silinder, udara tersebut telah didinginkan terlebih dahulu dengan bantuan intercooler.

  • Mengurangi berat pada mobil.
mengurangi berat pada mobil

mengurangi berat pada mobil

Mobil yang terlalu berat dapat memperlambat kecepatan mobil itu sendiri. Sehingga, meringankan berat mobil nantinya akan dapat meningkatkan kecepatan serta tenaga pada mobil itu sendiri. Mengurangi berat mobil bukan berarti anda diharuskan untuk melepaskan bagian atau komponen pada mobil anda.

Cukup dengan mengganti sebagian dari komponen pada mobil anda dengan bahan yang lebih ringan. Jika tidak, maka anda harus memastikan agar bagian bagasi maupun kursi jok belakang pada mobil anda bersih dari barang-barang yang tidak anda butuhkan.

  • Memasang Air Filter

Air filter atau saringan udara akan sangat membantu untuk menghilangkan partikel-partikel padat, seperti serbuk sari, debu, maupun benda-benda kecil lainnya sebelum udara dari luar memasuki silinder. Memasang air filter yang ukurannya lebih besar akan lebih memungkinkan lebih banyak udara yang masuk ke dalam mesin mobil anda. Dengan lebih banyak udara yang masuk, hal seperti ini akan membuat piston dapat bekerja secara lebih efisien sehingga dapat meningkatkan Hp atau horsepower pada mobil anda.

  • Menganti bahan bakar serta busi.

bahan bakar yang memiliki kadar oktan yang tinggi serta bebas dari timbal akan meminimalkan adanya residu yang tertinggal pada bagian mesin mobil anda. Selain itu busi iridium akan dapat menambah kecepatan pada mobil anda karena akan menghasilkan pembakaran bahan bakar yang lebih sempurna. Mesin yang selalu terjaga kebersihannya sangat penting skali dalam kestabilan tenaga pada mesin mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA