Cara Mengatasi Mabuk Dalam Perjalanan

mabuk dalam perjalan

mabuk dalam perjalan

Liburan, merupakan waktu untuk bersenang-senang atau berkunjung ke kerabat dekat. Apalagi seperti situasi sekarang ini. Saat Lebaran tiba, umumnya para umat muslim banyak yang mudik maupun sekedar mengunjungi rumah sanak saudara maupun relasi kerja.

Namun terkadang di tengah perjalanan yang seharusnya penuh dengan suka cita menjadi berantakan karena kebiasaan yang sepele, yaitu mabuk saat dalam perjalanan.

Terkadang tubuh seolah-olah tidak bisa diajak kompromi dengan kondisi jalanan yang tidak sata serta berkelok-kelok sehingga membuat perut menjadi terguncang yang berakibat rasa mual dan ingin muntah. Itulah yang dinamakan dengan mabuk perjalanan.

Umumnya, mabuk perjalanan baik itu laut, udara maupun darat lebih disebabkan oleh adanya signal atau pesan-pesan yang dikirimkan oleh syaraf pusat pada tubuh kita. Hal seperti ini bisa menyebabkan gejala yang berbeda pada setiap orang.

Ada kalanya orang yang sudah terbiasa melakukan perjalanan dengan kendaraan tidak merasakan apa-apa. Namun terkadang orang yang sudah terbiasa melakukan perjalanan masih bisa mengalami mabuk saat perjalanan.  Apalagi pada orang yang belum pernah melakukan perjalanan jauh dengan mengendarai kendaraan.

Anda tidak perlu khawatir akan mengalami mabuk saat perjalanan jika anda tahu bagaimana cara mengatasinya.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar anda tidak mengalami mabuk saat perjalanan.

  • Fokuskan pandangan mata anda lurus ke depan. Umumnya, orang yang sering melihat pemandangan dari samping akan lebih sering mengalami mabuk saat perjalanan. Hal itu lebih disebabkan karena melihat pemandangan yang seolah-olah bergerak dengan cepat, seperti memperhatikan pepohonan ataupun rumah. Jika kita memfokuskan pandangan pada pemandangan yang ada di depan mobil, maka anda tidak akan merasa pusing dan mabuk saat perjalanan.
  • Bila anda melakukan perjalanan dengan naik kapal, ada baiknya anda naik ke bagian dek untuk memperoleh udara serta dapat memandang lautan dengan bebas.
  • Bila anda naik pesawat, duduklah di kursi yang dekat dengan jendela sehingga anda bisa melihat pemandangan di luar pesawat.
  • Bila anda naik kereta api, sebaiknya anda duduk di dekat jendela, tapi fokuskan pandangan ke arah depan. Dan jangan terlalu fokus pada pemandangan di luar.
  • Mengurangi pergerakan anggota tubuh, khususnya kepala.
  • Jangan memakai parfum atau wewangian yang aromanya terlalu menyengat, jangan konsumsi makanan yang pedas serta makanan yang banyak mengandung minyak selama dalam perjalanan
  • Sebelum melakukan perjalanan, usahakan untuk makan secukupnya saja. Jangan terlalu banyak.
  • Jangan merokok maupun duduk terlalu dekat dengan seorang perokok selama dalam perjalanan. Bila anda naik mobil sendiri usahakan jangan ada yang merokok di dalam mobil.
  • Minum obat anti mabuk sebelum melakukan perjalanan.
  • Jika tubuh mulai menunjukkan gejala seperti pusing, usahakan untuk tidur.

Semoga beberapa cara diatas dapat mencegah anda mengalami mabuk selama dalam perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA