Cara Memarkir Mobil Di Gedung Parkir

parkir spiralMengemudi di gedung parkir yang biasanya berbelok-belok maupun berbentuk spiral sangat membutuhkan ketrampilan yang khusus serta membutuhkan konsentrasi yang tinggi karena rentan sekali terhadap bahaya yang dapat mengancam setiap saat.

Peristiwa seperti jatuhnya Honda Jazz di gedung parkir ITC beberapa waktu yang lalu tentunya membuat kita menjadi merasa prihatin. Padahal, saat ini banyak sekali gedung maupun pekantoran di kota-kota besar seperti Jakarta maupun Surabaya yang menggunakan tempat atau gedung untuk parkir yang dibuat bertingkat.

Sebagai langkah antisipasi kesalahan pada saat mengemudi di gedung parkir yang berbentuk spiral, kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa anda lakukan saat memarkirkan mobil di gedung parkir.

tempat parkir1

  • Hanya gunakan gigi 1 ketika jalanan menanjak serta jangan menekan pedal setengah kopling, walaupun hanya untuk berhenti sesaat ketika berada di jalan yang menanjak.
  • Jika anda mengendarai mobil matik, posisikan tuas transmisi pada posisi D. Bisa juga anda posisikan pada posisi gigi yang paling rendah yaitu ke gigi 1 atau posisi Low.
  • Ketika menanjak spiral mengarah ke kanan, posisikan tangan kanan pada posisi jam 3 serta tangan kiri ke arah jam 9. Letak atau posisi tangan sangat berpengaruh ketika anda bermanuver maupun jika terjadi suatu masalah, maka tangan anda akan dengan mudah membelokkan setir ke arah kanan maupun ke arah kiri untuk menjaga keseimbangan mobil.
  • Mata harus tetap fokus ke satu titik jalan melingkar yang akan anda lalui. Cara seperti ini bertujuan agar sudut kiri sisi tembok serta batas jalan maupun median jalan dapat terkontrol dengan baik. Begitu juga bila anda dari arah yang sebaliknya.
  • Agar anda tidak merasakan pusing atau mual setelah melewati jalanan yang berputar-putar, usahakan agar mata tetap fokus ke arah yang terjauh dari sudt pandang anda.
  • Ketika anda menghadapi jalanan spiral yang menurun, gunakan gigi 1 untuk mobil manual. Sedangkan untuk mobil matic, posisikan tuas transmisi ke posisi D atau ke posisi gigi yang terendah.
  • Jika anda menggunakan mobil matic, usahakan agar anda tidak menekal pedal kopling. Hal seperti ini akan menyebabkan mobil anda meluncur dengan cepat nantinya.
  • Lakukan engine brake sebagai cara untuk menahan dan mengontrol kecepatan ketika melalui jalan yang menurun serta dibantu dengan rem kaki.
  • Jika anda berada di jalan yang menanjak dan turun pada gedung parkir yang tidak berbentuk spiral, usahakan untuk memperhatikan posisi ban pada sudt akhir tanjakan maupun sudt turunan. Bila anda tidak hati-hati atau terlalu cepat dalam mengemudikan mobil, akan dapat merusak velg serta bagian bawah mobil anda akibat adanya benturan pada sudut beton trotoar.
  • Ketika menanjak pada posisi tegak lurus, Kita tidak dapat melihat jalan serta kemungkinan hanya bisa melihat atap atau langit-langit gedung parkiran. Sebaiknya, anda harus melihat sudat pemisah serta batas antara¬† langit-langit beton yang menanjak serta langit-langit beton yang datar sebagai dasar untuk mengurangi kecepatan serta arahkan mobil sesuai dengan belokan jalan yang anda tuju.
  • Jangan mengemudi sambil sms, menelpon atau melakukan kegiatan yang lainnya. Hal in i tidak saja berlaku saat anda memarkir mobil di gedung parkiran, tapi juga di jalan raya.
  • Bila anda baru belajar mengemudikan mobil, sebaiknya urungkan saja nia anda untuk memarkir mobil di gedung parkir yang bertingkat. Sebaiknya parkir mobil di tempat parkir biasa saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA