Berbuka Puasa Dalam Perjalanan

mengemudi di jalan raya

mengemudi di jalan raya

Semua orang pasti menginginkan untuk berbuka puasa bersama dengan semua anggota keluarga di rumah.

Namun, meskipun kita telah meluangkan sebagian waktu serta memperkirakan waktu agar kita dapat sampai dirumah sebelum waktu berbuka puasa, terkadang kita menjadi terpaksa untuk berbuka puasa dalam perjalanan karena alasan yang sangat klise yaitu kemacetan.

Kemacetan memang sering sekali menimbulkan banyak masalah. Sehingga sering kali membuat kita menjadi pulang terlambat.

Berikut ini adalah tips untuk berbuka puasa di saat kita sedang dalam perjalanan :

  • Siapkan bekal secukupnya.

Ada baiknya bila kita menyiapkan bekal untuk berbuka puasa. Tidak usah terlalu banyak. Cukup dua potong kurma maupun biskuitĀ  serta sebotol air mineral. Itu saja sudah cukup untuk mengisi kembali energi yang telah terbuang saat kita berpuasa.

  • Belilah bekal saat diperjalanan.

Saat kita terlalu sibuk dengan jadwal pekerjaan yang padat, terkadang kita bisa lupa membawa bekal dari rumah. Jika lupa membawa bekal, maka sempatkanlah untuk membeli makanan dan minuman saat perjalanan pulang.

  • Beli di restoran cepat saji

Jika keadaan sudah sangat mendesak, lebih baik anda berhenti di restoran makanan cepat saji. Namun, umumnya makanan yang ada di sana kebanyakan mengandung lemak. Sebisa mungkin hindari makanan yang berlemak karena makanan yang berlemak membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

  • Pilih makanan dan minuman yang manis

Makanan serta minuman yang manis dapat mengembalikan energi dengan cepat. Jangan minum minuman yang dingin karena bisa mengakibatkan kram pada lambung.

  • Hindari makanan dan minuman

Setelah berpuasa pastinya perut kita dalam keadaan kosong. sebaiknya jangan pilih makanan dan minuman yang mengandung santan serta makan goreng-gorengan. Selain itu hindari juga minuman bersoda karena akan meningkatkan asam lambung.

  • Memastikan situasi sekitar

Jika keadaan memungkinkan untuk berbuka puasa di dalam mobil, maka berbuka puasa cukup di dalam mobil saja. Jika keadaan memang tidak memungkinkan, lebih baik anda menepi untuk sejenak sekedar beristirahat dan melaksanakan buka puasa di tempat yang aman.

  • Jangan memarkir kendaaran secara sembarangan.

Carilah tempat untuk beristirahat yang tidak menimbulkan potensi terjadinya kemacetan. Jangan parkir mobil anda secara sembarangan karena dapat mengganggu pengemudi yang lainnya dan bisa menyebabkan kemacetan yang semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA