Berbagai Penyebab Mobil Mogok

car1

Mobil mogok atau berhenti secara tiba-tiba di tengah-tengah perjalanan serta sulit sekali untuk di starter merupakan suatu masalah yang sering dialami oleh para pengguna mobil. Kebanyakan orang-orang yang mengatakan bahwa mobilnya tidak menunjukkan gejala apapun sebelum mereka melakukan perjalanan.

Berbagai penyebab mobil mogok umumnya diakibatkan oleh komponen yang sering kali luput dari perhatian sang pemilik.  Bisa jadi karena sang pemiliki tidak perduli atau karena memang tidak memahami seluk beluk mobil atau bisa juga karena malas untuk merawat.

Berbagai penyebab mobil mogok yang paling utama, meliputi:

  • Arus listrik ke terminal dan koil yang turun

Hal seperti ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah berusia lima tahun lebih. Hal seperti ini terjadi karena tegangan arus listrik yang menuju ke koil mengalami penurunan. Hal seperti ini akan mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna karena pemantik api atau ignition tidak mendapatkan pasokan listrik yang dibutuhkan.

Cara untuk mendeteksinya adalah dengan memeriksa kabel distributor kemudian tempelkan ke badan mobil lalu starter mobil anda. Bila terdapat percikan api, berarti arus listrik pada kabel tersebut masih ada. Bila tidak ada percikan api, maka listriknya tidak ada.

Bila tidak terdapat arus listrik pada kabel tersebut, maka periksalah sambungan kabel untuk memastikan apkah ada kaber yang tidak tersambung atau rusak. Bila tidak ada masalah pada sambungan kabel berarti platina atau koilnya yang kotor atau bisa juga rusak.

  • Arus listrik pada aki mulai melemah

Arus listrik yang lemah pada aki bisa disebabkan karena kabel pada terminal aki mengendur, alternator maupun dynamo ampere yang sudah aus atau bisa juga aki sudah melebihi masa pakai.

Bila masalhnya ada pada aki, maka cara untuk mendeteksinya adalah memeriksa pemasangan kabel di terminal aki. Pastikan bahwa kabel sudah terpasang dengan sempurna.

Jika kabelnya sudah mulai mengendur, bersihkan terminal aki dengan sikat gigi atau kertas gosok sampai bersih kemudian kencangkan kembali kabel pada terminal aki. Selain itu tidak lupa pula untuk memeriksa air aki.

Bila aki memang sudah aus karena sudah melebihi masa pakai, maka anda diharuskan untuk mengganti aki dengan yang baru.

  • Alternatoryang sudah aus

Alternator memiliki fungsi untuk mengisi arus listrik menuju ke aki. Jadi, seandainya alternator mengalami kerusakan, maka aki juga akan mengalami kehabisan cadangan listrik sehingga menyebabkan mobil mogok.

Masalah yang sering terjadi pada alternator, meliputi:

1. Gulungan kawat yang terputus

Putusnya gulungan kawat tembaga pada aleternator dapat menyebabkan aliran listrik ke aki tidak dapat berjalan dengan sempurna. Meskipun hanya ada satu saja yang putus dalam gulungan tersebut, akan mengganggu arus listrik yang masuk ke aki.

2. Diode putus

Alternator memiliki 6 buah diode. Bila ada masalah pada salah satu diode saja, hal seperti ini dapat membuat mesin sulit untuk dinyalakan kembali.

3. Karat pada kabel

Kable pengisian listrik dari alternator yang menuju ke aki mudah sekali untuk berkarat. Hal ini terjadi karena letak alternator berada di bagian bawah mesin sehingga cenderung mudah terkena kotoran maupun air. Hal seperti inilah yang menyebabkan kabelnya menjadi mudah berkarat. Bila kabelnya sudah berkarat maka aliran listri yang menuju ke aki tidak sempurna sehingga mobil mogok.

  • Masalah pada karburator

images (2)

Penyebab mobil menjadi mogok yang sering kali terjadi adalah masalah pada karburator bila mobil anda masih menggunakan karburator. Masalah yang sering terjadi adalah karena semburan bahan bakar yang terlalu sedikit di dalam karburator, sehingga proses pembakaran dalam mesin mobil berjalan dengan tidak sempurna dan mesin mobil menjadi susah untuk dihidupkan.

Semburan bahan bakar pada karburator tidak sempurna karena dua hal, yaitu setelan klep yang terlalu kencang serta adanya kotoran.

Cara untuk mendeteksi masalah pada karburator adalah, lepas selang bahan bakar kemudian masukkan ujungnya ke dalam botol. Lalu nyalakan mobil anda. Bila bahan bakar masih mengalir dengan baik, berarti bahan bakar masih dapat berfungsi dengan baik. Bila bahan bakar tidak mau mengalir berarti ada masalah pada selang bahan bakar.

  • Aus pada swticher starter

Swticher starter merupakan alat yang seringkali terlihat sepele serta sering luput dari perhatian para pengguna mobil. Padahal kemungkinan bisa jadi kerusakan yang menyebabkan mobil mogok adalah pada switcher starter. Switcher starter sering sekali digunakan yaitu saat mengendara mobil mengaktifkan mesin mobil maupun mematikan mesin mobilnya.

Biasanya, kerusakan pada switcher starter ini terjadi pada kabel yang sudah renggang atau karena logam kontraktor plus minus untuk menyambungkan listrik sudah mulai aus sehingga tidak tersambung. Bila anda mengalami masalah seperti ini segera ganti dengan yang baru.

Bila anda mengalami masalah seperti ini ditengah perjalanan yang jauh dari keramaian, sebagai langkah darurat adalah menyambung kabel plus minus starter. Caranya adalah menggunakan kawat kecil atau peniti yang tajam, lalu sambung kedua kambel tersebut dengan kawat kecil atau meniti tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA