Berbagai Bahan Yang Berbahaya Bagi Cat Mobil

mobil matic

Cat mobil merupakan sesuatu yang membuat mobil menjadi tampak semakin indah. Meskipun mobil anda harganya mahal dan termasuk mobil keluaran terbaru, namun bila cat mobil anda rusak tentunya akan membuat penampilan mobil anda menjadi jelek.

Agar cat mobil selalu tampak cemerlang, maka cat mobil perlu diberi pelindung agar terhindar dari serangan bahan-bahan yang berbahaya yang memiliki dapat merusak keindahan cat mobil anda.

Beberapa bahan yang bisa merusak keindahan cat mobil, meliputi:

  • Air

Air merupakan bahan yang sangat unik. Selain bisa menjadi teman, air juga bisa menjadi musuh bagi cat mobil anda. Air bisa membersihkan kotoran yang menempel pada cat mobil anda. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering membiarkan air saat anda mencuci mobil mengering dengan sendirinya. Hal seperti ini dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada permukaan cat mobil anda. Cara untuk menghindari bahaya dari air adalah cucilah mobil anda di tempat yang teduh untuk mencegah air mengering dengan sendirinya. Setelah nada membilas mobil anda, langsung keringkan permukaan cat mobil anda yang basah dengan menggunakan kain khusus yang dapat menyerap air. Jika mobil terkena air hujan saat dalam perjalanan, sebaiknya segera keringkan titik-titik air dengan lap khusus setelah anda sampai di tempat yang anda tuju.

  • Penutup mobil

Sarung yang digunakan khusus untuk menutupi mobil merupakan benda yang dapat melindungi mobil dari debu serta sengatan matahari. Namun, ada baiknya untuk memilih sarung penutup mobil yang berbahan kedap air. Bila bahan sarung penutup dapat menyerap air, ketika mobil kehujanan maka air hujan akan terserap. Suhu udara dalam sarung penutup mobil semakin lembab dan dapat merusak cat mobil anda. Jadi ada baiknya untuk memilih sarung penutup mobil berbahan plastik yang tidak dapat menyerap air.

  • Sabun

mencuci mobilGunakan sabun maupun shampoo yang memiliki pH yang seimbang dan cocok untuk mencuci mobil. Jangan sekali-kali mencuci mobil anda dengan menggunakan sabun deterjen maupun sabun sejenisnya. Mencuci mobil dengan sabun maupun shampoo yang tidak cocok untuk mobil akan membuat cat mobil anda menjadi kusam. Beberapa jenis sabun dapat meninggalkan bekas jika anda gunakan untuk mencuci mobil kesayangan anda. Sabun colek juga sangat berbahaya karena mengandung bahan yang dapat membuat cat mobil anda menjadi tergores.

  • Kotoran burung

Kotoran burung mengandung senyawa kimia yang dapat bereaksi dengan cat mobil anda. Jadi sebaiknya jangan biarkan mobil anda terkena kotoran burung. Apalagi sampai membiarkan kotoran burung melekat terlalu lama pada permukaan cat mobil anda. Hal seperti ini dapat menyebabkan adanya bercak-bercak yang sulit sekali untuk dihilangkan nantinya. Ada bainya untuk segera membersihkan kotoran burung yang menempel pada permukaan cat mobil anda dengan air.

  • Cairan wiper

Menambahkan siper fluid atau cairan wiper pada air untuk mencuci kaca mobil merupakan tindakan yang sangat efektif untuk mengusir noda berminyak pada bagian permukaan kaca mobil. Namun, beberapa produk cairan wiper juga dapat menimbulkan noda pada permukaan cat mobil. Jadi, ada baiknya untuk menggunakan produk cairan wiper yang tidak dapat merusak cat mobil anda.

  • Debu

Debu ada dimana-mana sehingga sangat tidak mungkin untuk menghindar dari serangan debu. Debu yang beterbangan dapat menggores cat mobil anda bila anda melakukan kesalahan saat mencuci mobil. Hanya air yang bisa membersihkan debu yang menepel pada permukaan mobil.

  • Cairan air accu

Cairan air accu atau air aki yang sudah bereaksi dengan aki yang masih aktid merupakan salah satu musuh bagi cat mobil. Sebaiknya, jangan isi aki anda dengan air aki terlalu penuh. Isi secukupnya saja. Sebab, tumpahan air aki serta uapnya mampu merusak cat mobil anda. Bila air aki terlalu penuh dan sampai tumpah ke cat mobil anda, segera siram bagian yang terkena tumpahan air aki dengan air hangat. Bila tumpahan air aki tidak segera dibersihkan dengan air hangat, maka cat mobil anda akan mengelupas sehingga anda perlu mengecat ulang bagian tersebut.

  • Minyak rem

Minyak rem berfungsi untuk melumasi rem pada mobil. Minyak rem juga sangat berbahaya, terlebih lagi bila anda menggunakan minyak rem yang jenisnya tidak netral. Jangan menuang minyak rem terlalu banyak dan jangan sampai tumpah ke permukaan cat mobil anda. Jika minyak rem sampai tumpah segera bersihkan dengan air hangat. Minyak rem jenis tidak netral sama bahayanya dengan air aki.

  • Getah pohon

Biasanya, untuk menghindari sinar matahari, orang-orang lebih suka memarkir mobil kesayangan dibawah pohon. Namun, terkadang getah pohon yang jatuh pada permukaan cat akan dapat merusak cat mobil anda nantinya. Getah yang menempel pada permukaan cat mobil dapat dibersihkan dengan air, dengan catatan bila getah tersebut masih baru. Namun bila getah yang menempel terasebut dibiarkan berlama-lama menempel pada cat mobil maka dapat menimbulkan bercak-bercak yang sulit sekali untuk dihilangkan. Sebab, getah pohon dapat menembus sampai ke pori-pori cat mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA