Belajar Mengendarai Mobil Matic

Belakangan ini mobil matic menjadi pilihan bagi orang yang hidup di kota yang macet karena kelebihan mobil matic adalah lebih mudah mengendarainya bila dibandingkan dengan mobil manual.

Namun anda juga harus mengenali perbedaan mobil ini karena kebanyakan penyebab kecelakaan mobil matic disebabkan oleh kurangnya pemahaman akan sifat mobil ini.

Mengikuti kursus mobil manual adalah yang terbaik untuk kemudian mengendarai mobil dengan auto transmition (matic).

Karena pengendara yang dapat mengemudi dengan transmisi manual hampir dapat dipastikan dapat mengemudikan mobil matic.

Tapi tidak dengan pengendara yang belajar langsung dengan sistem transmisi matic,dapat dipastikan tidak bisa mengendarai mobil manual atau akan mendapat banyak kesulitan pada saat mengendarai mobil manual

 

Berikut ini adalah keterangan  gigi pada mobil matic, diantaranya :

  • N : Normal atau Neutral (normal atau netral)

Mesin tidak akan bereaksi jika tuas berada dalam posisi netral.

 

  • D1: Driving 1 (untuk jalan yang mendatar)

Jika tuas berada dalam posisi ini, mobil akan  bergerak maju ke depan. Cocok digunakan pada kondisi jalan yang menanjak atau menurun. Laju mobil akan tertahan dengan posisi ini karena adanya pengereman oleh mesin.

 

  • D2: Driving 2  (untuk jalan yang menanjak)

Jika tuas berada dalam posisi ini, mobil hanya akan mempunyai batas kecepatan maksimal yang terbatas . Cocok digunakan pada kondisi jalan yang buruk atau menurun karena fungsinya untuk berjalan pelan.

 

  • P: Parking (parkir)

Jika mobil anda dalam keadaan parkir, jalan macet atau diam untuk waktu yang lama pastikan tuas transmisi berada pada posisi ini.

Gigi transmisi akan mengunci secara otomatis jika tuas berada dalam posisi ini.

Sedangkan untuk memindahkan tuas dari posisi P ke posisi lain anda diharuskan untuk menekan sebuah tombol (pin pengunci) yang ada pada tuas terlebih dahulu sebelum memindahkannya ke posisi yang lain.

Injak pedal rem terlebih dahulu jika ingin memindahkan tuas ke atau dari posisi ini. Biasanya kunci mobil tidak akan bisa dicabut sebelum posisi mobil berada dalam posisi ini.


  • R: Reverse (untuk jalan mundur)

Mobil harus benar-benar dalam keadaan berhenti sebelum memindahkan tuas transmisi. Jika ini diabaikan dapat berisiko menimbulkan kerusakan pada sistem transmisi. Injak pedal rem terlebih dahulu jika ingin memindahkan tuas ke atau dari posisi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA