menggunakan ponsel saat mengemudi

Bahaya Menggunakan Ponsel Saat Mengemudi

Di zaman serba modern seperti sekarang ini, pemandangan seperti orang yang sedang menerima telepon melalui ponsel sambil mengemudi, merupakan suatu pemandangan yang bisa dikatakan lumrah.

Sebenarnya hal seperti itu akan sangat mengganggu konsentrasi seseorang dalam mengemudi kendaraan. Menggunakan ponsel saat mengemudi akan membuat konsentrasi menjadi terpecah belah, sehingga orang tersebut cenderung mengemudi dengan asal-asalan.

Menggunakan ponsel saat mengemudi dapat meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan hingga empat kali lipat. Di negara maju seperti di Jepang, banyak sekali kasus kecelakaan yang disebabkan karena menggunakan ponsel saat mengemudi.

Sejumlah negara di dunia saat ini telah melarang menggunakan ponsel saat mengemudi, baik itu mengemudi sepeda moter maupun mobil.

Begitu juga di Indonesia. Ada peraturan lalu lintas terbaru yang telah disahkan beberapa waktu lalu, yang mengatur pelarangan aktivitas yang mampu mengganggu konsentrasi pengemudi. Salah satunya adalah menggunakan ponsel.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan bila anda terpaksa harus menggunakan ponsel saat sedang mengemudi, seperti:

  • Pelajari tentang ponsel anda

0.95096300-1378126801-Driver20on20mobile20phone43Pelajari buku manual ponsel anda, agar anda bisa memanfaatkan fitur dari ponsel, seperti speed dial atau re-dial. Ada juga beberapa ponsel canggih sekarang ini yang memiliki fitur baru, seperti automatic redial atau memory dial. Hal ini nantinya akan lebih memudahkan anda untuk menggunaan ponsel tanpa mengalihkan perhatian anda pada saat mengemudi.

  • Gunakan hands free

Umumnya banyak ponsel yang dijual lengkap dengan peralatan hands free. Anda bisa menggunakan ponsel saat mengemudi tanpa harus memegangi ponsel anda. Jadi anda bisa tetap memegang kendali dengan kedua tangan anda.

  • Letakkan ponsel sesuai dengan jangkauan tangan anda

Ketika ponsel anda berbunyi, anda bisa langsung mengambilnya tanpa harus mencari-cari ponsel anda terlebih dahulu. Bila memang situasinya tidak memungkinkan bagi anda untuk menjawab panggilan dari ponsel anda, sebaiknya abaikan saja. anda bisa meminta teman anda untuk menerima panggilan dari ponsel dan tidak lupa untuk menyampaikan pesan bahwa anda akan menelpon kembali setelah keadaan lebih memungkinkan.

  • Hentikan pembicaraan

Bila memang situasi sangat genting dan berbahaya, misalnya seperti membawa orang yang sedang sakit keras atau kondisi sedang hujan deras, sebaiknya anda langsung menghentikan pembicaraan. Bila anda memaksakan diri untuk terus menggunakan ponsel di saat situasi sedang gawat, nantinya konsentrasi anda akan terpecah belah. Anda justru akan celaka. Sebaiknya beritahu lawan bicara anda, bahwa anda sedang mengemudi dan langsung hentikan pembicaraan seketika itu juga.

  • Melihat situasi di jalan

menggunakan ponsel saat mengemudiSebisa mungkin jangan melakukan panggilan atau menggunakan ponsel saat anda sednag mengemudi. Anda bisa menggunakan ponsel saat mobil anda sedang berhenti di lampu merah. Selain itu anda bisa menepi dan berhenti sejenak untuk menggunakan ponsel anda.

  • Hentikan pembicaraan yang bisa menyebabkan anda emosi

Sebaiknya hentikan pembicaraan yang bisa menyebabkan anda merasa emosi saat itu juga. Hal seperti ini nantinya akan membuat anda menjadi semakin emosi maupun stress. Emosi maupun stress mampu mengganggu konsentrasi anda saat mengemudi.

  • Hanya menggunakan ponsel saat darurat

Anda bisa menggunakan ponsel anda saat terjadi hal-hal yang bersifat darurat, misalnya seperti terjadi kecelakaan, mobil tiba-tiba mogok, atau mungkin terjadi tindak kejahatan di sekitar anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA